ASUS Zenbook DUO, Dibekali Dua Layar OLED dan Tenaga AI

ASUS Zenbook DUO, Dibekali Dua Layar OLED dan Tenaga AI

Melalui penerapan teknologi dua layar dan AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan), ASUS Zenbook DUO (UX8406) tampil dengan desain dan fitur revolusioner yang diciptakan untuk meningkatkan efisiensi kerja. Laptop Asus ini unik banget. Saat keyboardnya diangkat, ternyata ada layar di bawahnya. Ini adalah ASUS Zenbook Duo (UX8406) keluaran tahun 2024, generasi penerus laptop dua layar dari ASUS, yang sudah punya sertifikasi EVO sehingga dijamin punya performa kencang dan gesit, baterai irit, dan punya fitur kekinian yang sangat lengkap.

ASUS merupakan perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia. Pada Maret 2024 ini ASUS secara resmi meluncurkan Zenbook DUO (UX8406) di Indonesia. Laptop ini, sebagai perangkat dua layar OLED terkemuka di dunia, dibuat khusus untuk meningkatkan produktivitas kerja melalui pemanfaatan teknologi dua layar dan AI. Zenbook DUO (UX8406) menghadirkan inovasi revolusioner sebagai standar dalam kategori laptop dua layar, mengubah cara pengguna berinteraksi dengan perangkat laptop mereka.

"Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan. 

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya."

Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director, mengatakan bahwa laptop terbaik tahun 2024 telah tiba di Indonesia, ASUS Zenbook DUO yang dibekali dua layar OLED, ditenagai AI, dan dilengkapi fitur eksklusif akan merevolusi bagaimana kita berinteraksi dengan laptop dan memaksimalkan produktivitas sehari-hari, revolusi laptop telah dimulai hari ini.

Zenbook DUO (UX8406) dilengkapi dengan dua layar berukuran 14 inci, resolusi 3K 120Hz, dan menggunakan teknologi ASUS Lumina OLED. Tak hanya itu, layarnya hadir dengan kecerahan hingga 600 nits dan sudah tervalidasi oleh PANTONE yang menjamin akurasi warna yang tinggi. Saat layar tersebut dibentangkan, ukuran keseluruhannya setara dengan layar berukuran 19,8 inci, memberikan pengguna ruang kerja yang lebih luas dibandingkan dengan laptop standar, sehingga produktivitas dapat ditingkatkan sampai dua kali lipat.

Zenbook DUO (UX8406) dijadikan sebagai laptop dua layar yang paling praktis dan unggul di dunia karena selain memiliki dua layar, Zenbook DUO (UX8406) juga dirancang dengan sangat dinamis, mudah digunakan, dan nyaman. Ketersediaan port dan konektivitas yang sangat lengkap, lima mode penggunaan yang dapat disesuaikan, serta desain yang tetap tipis dan ringan.

Efisiensi produktivitas para pengguna Zenbook DUO (UX8406) bahkan ditingkatkan dengan dukungan AI. Sebagai laptop berbasis AI, Zenbook DUO (UX8406) menjadi yang terdepan dengan dilengkapi NPU (Neural Processing Unit) yang terintegrasi dengan prosesor Intel® Core™ Ultra 7. NPU Intel® AI Boost tersebut mengoptimalkan kinerja laptop dengan kecepatan, efisiensi daya, dan kemampuan cerdas dalam memproses aplikasi berbasis AI.

ASUS ZenBook DUO (UX8406) merupakan laptop yang tak hanya menunjang produktivitas, namun juga membuat penggunanya menjadi lebih bergaya. Laptop ini sangat menunjang penggunanya yang bekerja di bidang kreatif seperti kreator konten, desainer grafis, dan sebagainya. Tentunya masih banyak kelebihan lain yang ditawarkan oleh ASUS ZenBook DUO (UX8406), apa sajakah itu?

Color

ASUS Zenbook DUO (UX8406) tersedia dalam warna Inkwell Gray, warna yang kalem dengan aksen garis-garis di sebelah sisinya. Di pojok atas terdapat tulisan ASUS Zenbook yang kecil dan simpel, menegaskan kesan sebuah  laptop premium.

CPU

ASUS Zenbook DUO (UX8406) dibekali dengan Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU yang mampu mengoptimalkan kinerja laptop dengan kecepatan, efisiensi daya, dan kemampuan cerdas dalam memproses aplikasi berbasis AI.

Operating System

ASUS Zenbook DUO (UX8406) menggunakan sistem operasi Windows 11 Home – ASUS recommends Windows 11 Pro for business yang membuat kita bisa melakukan pekerjaan di Windows dengan lebih baik.

Memory

ASUS Zenbook DUO (UX8406) menggunakan RAM 16GB LPDDR5X yang bisa diupgrade hingga 32GB LPDDR5X yang membuat performanya semakin cepat dan stabil dalam berbagai pekerjaan multitasking dengan dua layar.

Storage

ASUS Zenbook DUO (UX8406) mempunyai penyimpanan data sebesar 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD yang bisa diupgrade hingga 2TB, memungkinkan penggunanya bisa meyimpan berbagai file, audio, video, dan game dengan lebih banyak lagi.

Display

Kedua layar ASUS Zenbook DUO (UX8406) mengusung Dual 14-inch berteknologi ASUS Lumina OLED, beresolusi 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, untuk menjamin reproduksi warna yang terbaik dan tepat. ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga memiliki VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support, sehingga dapat menggunakan stylus ASUS Pen 2.0 untuk memberikan input dengan akurasi tinggi. Juga sangat nyaman untuk menonton film,  menggambar, bahkan mengedit video

Keyboard

Keyboard ASUS Zenbook DUO (UX8406) mempunyai berat hanya 0.3 Kg, sangat ringan saat dipegang. Karena posisi keyboardnya ada di antara dua layar saat ditutup, jadi bisa dengan mudah dibawa kemana saja. Keyboard dengan backlight ini dicharge otomatis saat dipasangkan. Ketika dilepas, keyboard masih bisa dipakai dengan koneksi Bluetooth.

Power Supply

ASUS Zenbook DUO (UX8406) disertai charger Type-C, 65W AC Adapter dengan output 20V DC, 3.25A, 65W. Sedangkan inputnya 100-240V AC 50/60GHZ uiversal.

Graphics

ASUS Zenbook DUO (UX8406) dibekali Intel® Arc™ Graphics yang terpasang pada prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H mampu memberikan kinerja sampai dua kali lipat lebih baik daripada chip grafis terintegrasi pada prosesor Intel® generasi sebelumnya. Chip grafis Intel® Arc™ ini telah mendukung berbagai teknologi grafis mutakhir, termasuk real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, sampai DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine. Di dalam Zenbook DUO (UX8406), Intel® Arc™ tidak hanya berperan dalam mempercepat pemrosesan grafis, tetapi juga mengatasi video encoding, sebuah aspek yang sangat krusial bagi para pembuat konten.

Input/Output

Pada bagian kiri ASUS Zenbook DUO (UX8406) terdapat 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery.

Sedangkan pada bagian kanan ASUS Zenbook DUO (UX8406) terdapat 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack.

Connectivity

ASUS Zenbook DUO (UX8406) memiliki Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3 yang memungkinkan pengguna bisa melakukan berbagai konektivitas dengan lengkap dan lancar.

Camera

ASUS Zenbook DUO (UX8406) memiliki FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect yang menghasilkan gambar dengan cukup jernih.

Audio

ASUS Zenbook DUO (UX8406) memiliki Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified yang mampu menghasilkan suara yang mantap dan nyaring.

Battery

ASUS Zenbook DUO (UX8406) memiliki 75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion yang mampu bertahan lama dalam menjalankan berbagai pekerjaan.

Dimension

ASUS Zenbook DUO (UX8406) memiliki ukuran 31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm memberikan laptop dengan ukuran yang cukup tipis sehingga sangat nyaman dan stylish ketika digunakan.

Weight

ASUS Zenbook DUO (UX8406) memiliki berat hanya 1.35 Kg (tanpa keyboard), sedangkan berat keyboardnya sendiri sebesar 0.3 Kg. Berat total yang hanya 1.65 Kg ini membuatnya menjadi laptop yang cukup ringan dibawa kemana saja.

Dari spesifikasi tersebut ada 4 poin utama dari ASUS Zenbook DUO (UX8406) yang bisa diulas, di  antaranya adalah sebagai berikut.

Laptop Revolusioner

Awal mula pengembangan Zenbook DUO (UX8406) terinspirasi dari observasi tim desain ASUS terhadap cara orang menggunakan laptop. Banyak yang sering memanfaatkan monitor tambahan untuk memperluas ruang kerjanya. Namun, tantangan muncul saat pengguna harus menggunakan laptop di luar kantor, memaksa mereka kembali bekerja dengan satu layar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim desain ASUS memperkenalkan solusi melalui pengembangan laptop prototipe dengan dua layar pada tahun 2018, yang dikenal dengan nama Project Precog.

Konsep awal dari Zenbook DUO (UX8406), yang dikenal sebagai Project Precog, diperkenalkan pada Computex 2018. Pada waktu itu, Project Precog masih berupa konsep laptop karena ekosistem hardware, software, dan sistem operasi belum sepenuhnya mendukung pemanfaatan layar ganda pada laptop. ASUS kemudian mengembangkan sistem layar ganda di laptop bersamaan dengan pengenalan teknologi ScreenPad™ pada ZenBook Pro 15 (UX580) dan layar tambahan ScreenPad™ Plus pada ZenBook Duo (UX481) serta ZenBook Pro Duo (UX581).

Selama enam tahun terakhir, ASUS terus mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk meningkatkan kemudahan interaksi pada laptop layar ganda. Inilah yang membuat Zenbook DUO (UX8406) menjadi laptop layar ganda terdepan di dunia, tidak hanya karena sifat revolusionernya, tetapi juga karena telah mengalami proses pengembangan yang konsisten selama bertahun-tahun.

Desain Inovatif

Berkat desain inovatifnya, Zenbook DUO (UX8406) muncul sebagai pilihan terbaik di dunia untuk laptop dua layar. Berbeda dari laptop konvensional, Zenbook DUO (UX8406) menyajikan dua layar 14 inci, keyboard yang dapat dilepas, dan penyangga khusus, menjadikannya sangat mudah digunakan. Semua fitur tersebut disatukan dalam desain yang kompak dan berorientasi pada pengguna, memudahkan mobilitas saat bepergian. Sebagai laptop Intel® Evo™ Edition, Zenbook DUO (UX8406) menggabungkan kemampuan multitasking dengan mobilitas yang unggul, hadir dalam bodi yang ringan dengan berat hanya 1,35 kg dan ketebalan hanya 14,6 mm.

Teknologi ASUS Lumina OLED diterapkan pada kedua layar Zenbook DUO (UX8406), yang telah resmi tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, dan memiliki cakupan warna 100% DCI-P3 untuk menjamin reproduksi warna yang optimal dan tepat. Layar ini juga telah mendapatkan sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500 dan mendukung teknologi layar sentuh, memungkinkan penggunaan stylus ASUS Pen 2.0 untuk memberikan input dengan akurasi tinggi.

Desain keyboard yang dapat dilepaskan pada Zenbook DUO (UX8406) mempermudah mobilitas perangkat ini selama perjalanan. Penggunaan keyboard menjadi lebih praktis karena pengisian dayanya dapat secara otomatis terjadi ketika Zenbook DUO (UX8406) berada dalam Laptop Mode, di mana keyboard terpasang langsung ke bodi laptop. Selain itu, keyboard Zenbook DUO (UX8406) dirancang untuk kenyamanan penggunaan sepanjang hari dengan sistem cerdas yang memungkinkan keyboard terhubung secara langsung ke laptop ketika digunakan dalam Laptop Mode, dan secara otomatis beralih ke koneksi Bluetooth saat keyboard dilepas dari bodi laptop.

Fleksibel, Mudah, dan Nyaman Digunakan

Semua laptop ASUS, termasuk Zenbook DUO (UX8406), didesain dengan fokus pada pengalaman pengguna. Dalam hal desain, Zenbook DUO (UX8406) menonjol dari laptop-laptop yang tersedia di pasar saat ini. Laptop terbaik ini dibekali dengan keyboard Bluetooth ASUS ErgoSense dengan touchpad terintegrasi, layar yang bisa dibuka hingga 180°, serta penyangga terintegrasi yang mendukung lima mode penggunaan yang dapat disesuaikan. Fitur ScreenXpert yang telah ditingkatkan juga hadir untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam ketika pengguna Zenbook DUO (UX8406) menggunakan laptop ini dalam berbagai mode. 

Berikut adalah lima mode penggunaan Zenbook DUO (UX8406):

 Dual-Screen Mode: Mode penggunaan ini adalah fitur yang paling mencolok pada Zenbook DUO (UX8406) dibandingkan dengan laptop lainnya. Mode ini secara optimal memanfaatkan layar kedua di Zenbook DUO (UX8406) dengan menaikkan posisi laptop menggunakan penyangga terintegrasi, sehingga kedua layarnya dapat diakses dengan kenyamanan lebih. Pengguna dapat mengontrol Zenbook DUO (UX8406) memakai keyboard fisik secara nirkabel dengan koneksi Bluetooth.

   Desktop Mode: Dirancang untuk pengguna yang lebih suka menggunakan layar secara vertikal, Desktop Mode di Zenbook DUO (UX8406) menyajikan dua layar vertikal yang diposisikan berdampingan. Mode ini sangat ideal untuk aktivitas seperti menulis artikel, menjelajah internet, dan melakukan pengkodean.

 Laptop Mode: Dalam mode ini, Zenbook DUO (UX8406) beroperasi seperti laptop clamshell biasa dengan satu layar yang aktif dan keyboard ditempatkan di atas layar kedua. Mode penggunaan ini sangat berguna ketika Zenbook DUO (UX8406) digunakan dalam ruang yang terbatas seperti di dalam pesawat.

●  Laptop Mode with Virtual Keyboard: ASUS menyajikan alternatif bagi pengguna Zenbook DUO (UX8406) yang tidak menginginkan penggunaan keyboard fisik. Dengan bantuan ScreenXpert, pengguna Zenbook DUO (UX8406) dapat memunculkan keyboard virtual dalam berbagai tata letak lengkap dengan touchpad virtual.

   Sharing Mode: Mode yang sangat istimewa di Zenbook DUO (UX8406) memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan orang lain dengan lebih mudah. Cukup membuka layar laptop hingga 180° dan mengaktifkan mode ini. Dua layar laptop sekarang berada saling bertolak belakang, mempermudah dua orang untuk berinteraksi langsung saat menggunakan Zenbook DUO (UX8406).

Performa Terbaik Ditenagai AI

Zenbook DUO (UX8406) adalah laptop cerdas berbasis AI (kecerdasan buatan) dengan dua layar yang telah memperoleh sertifikasi Intel® Evo™ Edition, dilengkapi dengan prosesor terkini Intel® Core™ Ultra 7 155H yang memiliki kekuatan AI. Prosesor Intel® Core™ Ultra ini dibekali dengan NPU (Neural Processing Unit) yang secara khusus hadir untuk mengolah aplikasi yang memanfaatkan AI. Semua aplikasi dan fitur yang menggunakan teknologi AI dapat dijalankan dengan lebih optimal tanpa mengonsumsi daya secara berlebihan.

Terlebih lagi, chip grafis Intel® Arc™ yang terpasang pada prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H mampu memberikan kinerja sampai dua kali lipat lebih baik daripada chip grafis terintegrasi pada prosesor Intel® generasi sebelumnya. Chip grafis Intel® Arc™ ini telah mendukung berbagai teknologi grafis mutakhir, termasuk real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, sampai DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine. Di dalam Zenbook DUO (UX8406), Intel® Arc™ tidak hanya berperan dalam mempercepat pemrosesan grafis, tetapi juga mengatasi video encoding, sebuah aspek yang sangat krusial bagi para pembuat konten.

 

Main Spec.

Zenbook DUO (UX8406MA)

CPU

Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5X

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

Dual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support

Graphics

Intel® Arc™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm

Weight

1.39 Kg (laptop)

0.3 Kg (keyboard)

Price

Rp33.999.000

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ASUS Zenbook DUO, Dibekali Dua Layar OLED dan Tenaga AI"

Posting Komentar