Sinopsis Novel Pada Sebuah Kapal Karya N.H. Dini

 


Sinopsis Novel Pada Sebuah Kapal Karya N.H. Dini - Selamat malam, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sinopsis novel Pada Sebuah Kapal yang merupakan karya N.H. Dini dalam dekade 70-an. Novel ini telah mengalami tiga kali cetak oleh penerbit yang sama, yaitu Dunia Pustaka Jaya, Jakarta. Cetakan pertama diterbitkan pada tahun 1973, cetakan kedua tahun 1976, dan cetakan ketiga tahun 1979. Mulai tahun 1985 novel ini diterbitkan oleh Gramedia. Pada tahun 1990 Gramedia telah menerbitkan buku ini untuk ketiga kalinya.

Novel ini menceritakan seorang tokoh wanita bernama Sri. Sri adalah anak terakhir dari lima bersaudara. Ia memiliki dua kakak perempuan dan dua kakak laki-laki. Usia Sri baru menginjak tiga belas tahun ketika ayahnya meninggal dunia. Ia sangat mengagumi ayahnya sehingga ia sangat merasa kehilangan. Sejak kematian ayahnya, ia membantu ibunya untuk berjualan kue dan membatik.

Setelah tamat SMA, Sri yang mempunyai hobi dan bakat menari ini bekerja di RRI Semarang, kota kelahirannya. Selama bekerja di sana, kegiatan menarinya menjadi berkurang. Hanya tiga tahun ia bekerja di RRI Semarang. Ia kemudian melamar sebagai pramugari. Setelah lulus dari tes yang diadakan di Semarang, ia dipanggil ke Jakarta untuk mengikuti tes selanjutnya. Namun, ia tidak lulus karena paru-parunya dinyatakan tidak sehat. Ia merasa kecewa.

Beberapa bulan kemudian, Sri mendapat panggilan dari jawatan yang pernah mengurus tesnya. Ia ditawarkan untuk menjadi wartawan majalah di jawatan tersebut, namun tawaran itu ditolaknya karena ia lebih tertarik bekerja di RRI Jakarta. Sambil bekerja, ia juga menyempatkan diri untuk menari. Ia sering menerima tawaran menari dalam pesta perkawinan. Bahkan, ia juga pernah diundang ke istana negara untuk menari di hadapan tamu negara. Tujuh bulan setelah ia berada di Jakarta, ibunya meninggal dunia di Semarang. Ia pun pergi ke Semarang untuk mengurus pemakaman ibunya. Setelah itu, ia kembali ke Jakarta.

Karena supel dan cantik, Sri banyak dikagumi oleh pemuda-pemuda Jakarta. Namun, di antara sekian banyak pemuda yang menyatakan cintanya, ia hanya menerima Saputro, seorang penerbang. Hubungan keduanya telah melangkah lebih jauh, tak ubahnya seperti suami istri sehingga keduanya sepakat untuk melanjutkan hubungan mereka ke jenjang pernikahan. Namun, rencana mereka tidak dapat menjadi kenyataan karena Saputro mengalami kecelakaan pesawat terbang.

Untuk menghilangkan kesedihannya, Sri pergi ke Yogyakarta. Di kota ini, ia berkenalan dengan beberapa orang pemuda yang kemudian menaruh hati kepadanya. Di antara mereka adalah Yus seorang pelukis dan Carl seorang warga negara asing yang bertugas membantu mahasiswa-mahasiswa yang berada di negara berkembang. Namun, keduanya ditolak oleh Sri secara halus.

Pemuda berikutnya yang berhasil menggaet hati Sri adalah Charles Vincent, seorang diplomat kebangsaan Perancis. Sri tertarik kepadanya karena menurut anggapannya, Charles memiliki kepribadian yang baik dan ia pun sangat lembut. Walaupun tidak disetujui oleh keluarganya, Sri memutuskan untuk menikah dengan lelaki itu.

Setelah menikah, Sri baru mengetahui bahwa Charles adalah lelaki yang egois, keras kepala, kasar, dan tidak mau kalah dengan ketenaran Sri sebagai penari. Pernikahan mereka sangat tidak bahagia karena keduanya sering bertengkar. Bahkan, pertengkaran itu terus berlangsung hingga kelahiran anak pertama mereka. Semula Sri beranggapan bahwa dengan kelahiran anak pertama mereka, kehidupan rumah tangga mereka akan bahagia. Namun, harapannya ternyata sia-sia. Kehidupan rumah tangga mereka tetap diselimuti oleh pertengkaran.

Perseteruan antara pasangan suami istri itu semakin terlihat ketika keduanya berangkat ke Perancis. Pada saat itu Charles mendapatkan cuti. Lelaki itu menggunakan pesawat terbang, sedangkan Sri menggunakan kapal laut. Di sanalah terjadi penyelewengan Sri terhadap suaminya.

Di dalam kapal laut ini, Sri menjalin hubungan dengan pelaut bernama Michael Dubanton, seorang lelaki berkebangsaan Perancis. Hubungan keduanya terjadi ketika mereka menceritakan ketidakbahagiaan kehidupan rumah tangga mereka. Sri menceritakan bahwa ia merasa terkekang selama menikah dengan Charles. Suaminya itu sangat kasar dan egois. Demikian pula halnya dengan Michael. Ia menceritakan bahwa istrinya Nicole sangat pencemburu sehingga ia tidak boleh bergaul dengan wanita manapun. Ia juga menceritakan bahwa sebelum menjadi pelaut, ia adalah seorang tentara, yang pernah membela negaranya melawan agresi Jerman.

Karena sering bertemu, bertukar cerita, dan pembawaan Michael yang lembut dan romantis, Sri jatuh cinta kepadanya. Demikian pula sebaliknya. Itulah sebabnya, selama ia di kapal, hubungan keduanya semakin akrab. Bahkan, keduanya sering melakukan perbuatan terlarang tanpa dihantui oleh perasaan berdosa sedikitpun. Sri tidak merasa berdosa kepada suaminya. Demikian pula dengan Michael yang tidak pernah merasa berdosa pada istrinya. Keduanya tidak pernah merasa berdosa pada Tuhan. Mereka tidak peduli dengan masalah dosa, yang penting mereka merasa bahagia.

Sesampainya di Perancis, Sri mulai membanding-bandingkan suaminya dengan Michael. Ia mulai menemukan perbedaan yang mencolok antara keduanya. Charles adalah lelaki yang sangat kasar dan egois. Ia semakin menyadari keburukan tabiat Charles ketika adiknya Charles juga menceritakan tentang kekasaran dan keegoisan lelaki itu. Akihrnya, Sri semakin mencintai Michael dan ia tetap menjalin hubungan dengannya.

Setelah masa cuti Charles berakhir, Sri dan suaminya berangkat ke Jepang. Charles ditugaskan ke negara tersebut. Selama di Jepang, kehidupan rumah tangga mereka tetap diselimuti pertengkaran dan ketegangan. Itulah sebabnya Sri mengajukan cerai kepada suaminya, namun permintaan itu tidak ditanggapi oleh Charles. Hal itu semakin menyiksa Sri. Untung saja, Michael tetap hadir dalam kehidupannya sekalipun wanita itu telah berada di Jepang, sehingga ia merasa sedikit terhibur. Setelah selesai menjalankan tugasnya di Jepang, Charles berangkat lagi ke Perancis.

Kepindahan Sri ke Perancis diketahui oleh Michael melalui temannya. Michael yang ketika itu memutuskan untuk bekerja di Yokohama kemudian membatalkan niatnya. Ia mengajukan pada pimpinannya agar ia tetap bekerja sebagai pelaut dan ia meminta ditempatkan di dareah pelayaran di Perancis. Hal itu ia lakukan karena ia tidak ingin jauh dari Sri, wanita yang sangat dicintainya itu.

Itulah tadi sinopsis novel Pada Sebuah Kapal karya N.H. Dini. Semoga bisa bermanfaat dan menghibur pembaca semuanya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinopsis Novel Pada Sebuah Kapal Karya N.H. Dini"

Posting Komentar