Sejarah Desa Lombang

Sejarah Desa Lombang - Pada jaman dulu di desa Lombang ada seorang sakti yang bernama Ki Pait. karena kesaktiannya dan kehebatannya, Ki Pait ini terkenal sampai ke wilayah timur Jawa. syahdan ada seorang yang berasal dari  Jombang  Jawa Timur penasaran ingin melihat langsung dan berguru kepada Ki Pait yang terkenal wijil diksula itu.  

Singkatnya lelaki dari Jombang itu yang kemudian dikenal bernama Ki Nakum berangkat menuju ke desa Lombang dan akhirnya sampailah beliau ke tempat Ki Pait. Sesampainya di kediaman Ki Pait, Ki Nakum kemudian mengajukan diri agar diterima menjadi murid. Ki Pait pun kemudian mengajukan syarat kepada Ki Nakum, bahwa selama Ki Nakum belum resmi diangkat murid oleh Ki Pait, Ki Nakum setiap hari harus mengisi bak mandi padepokan sampai diterima menjadi Murid.

Hari-hari berlalu, Ki Nakum menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Setiap hari beliau berangkat ke sumber air dan membawanya dengan cara dipikul untuk mengisi bak padepokan sampai penuh. Tapi anehnya Ki Nakum tidak menggunakan wadah yang lazim digunakan pada saat itu.  

Singkatnya, Ki Nakum kemudian dihadang oleh Ki Pait yang sudah mencapai tingkat kemarahan tinggi dan tanpa diduga Ki Pait kemudian merebut keranjang dan pikulan yang digunakan oleh Ki Nakum. Sejurus kemudian Ki Pait melemparkan Pikulan Yang terbuat dari kayu Loh itu ke arah selatan di daerah rawa. 

Setelah membuang kayu pikulan tersebut, Ki Pait mengusir Ki Nakum yang telah mengelabuinya. kemudian Ki Nakum dengan perasaan bersalah pergi ke arah selatan mengikuti arah Pikulan yang dibuang oleh Ki Pait. sesampainya di daerah rawa, Ki Nakum menemukan pikulannya yang terbuat dari kayu Loh itu sedang mengambang di atas air rawa dan sampai sekarang kisah itu diabadikan menjadi nama desa yaitu Desa Lombang Kecamatan Juntinyuat, yang berasal dari dua suku Kata yaitu Loh dan Kambang.


Dari berbagai sumber.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Desa Lombang"

Posting Komentar