Musikalisasi Puisi dan Contohnya



Musikalisasi Puisi dan Contohnya - Assalamu’alaikum… selamat siang buat semuanya. Pada kesempatan kali ini saya ingin memposting apa itu pengertian musikalisasi puisi beserta contohnya.

Kegiatan Musikalisasi Puisi merupakan salah satu cara untuk menarik minat para pembaca mendalami sebuah puisi dengan mengubah puisi menjadi puisi yang bernada. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan musikalisasi adalah hal menjadikan sesuatu dalam bentuk musik (KBBI, 2001:776). Menurut Mulyana (1997:52) mengatakan musikalisasi puisi adalah mengubah puisi menjadi sebuah lagu, dengan demikian antara musik dan puisi haruslah memiliki kesatuan dan keselarasan.

Salah satu hal yang membedakan antara musik puisi dengan musik lagu adalah proses penciptaannya. Syair atau lirik lagu adalah proses penciptaannya. Syair atau lirik lagu biasanya dibuat setelah lagu tercipta atau diciptakan bersamaan dengan nada lagu. Dalam musikalisasi puisi tidaklah demikian, ini disebabkan puisi sudah tercipta dan merupakan salah satu bentuk seni, yaitu karya sastra. Oleh karena itu, dalam musikalisasi puisi, aransemen musik tidak boleh mengubah jiwa puisi, puisi harus tetap utuh, seperti dikutip Mulyana (1997:50).

Dapat disimpulkan bahwa musikalisasi puisi adalah menjadikan puisi atau karya sastra dalam bentuk musik yang sesuai dengan jiwa puisi sehingga apa yang terkandung dalam sebuah puisi tetap utuh.

Berikut adalah beberapa penampilan musikalisasi puisi dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Wiralodra Indramayu (HIMBASI UNWIR) dengan puisi berjudul Sajak Rajawali karya WS. Rendra dan Derai-Derai Cemara karya Chairil Anwar.


Musikalisasi Puisi Sajak Rajawali


Musikalisasi Puisi Derai-Derai Cemara

Sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat… Wassalamu’alaikum….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Musikalisasi Puisi dan Contohnya"

Posting Komentar