Kebakaran Tangki Kilang Minyak Pertamina RU VI Balongan Indramayu

 


Kebakaran Tangki Kilang Minyak Pertamina RU VI Balongan Indramayu

Minggu, 28 Maret 2021, sekitar pukul 23.00 WIB, warga sekitar Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, merasakan bau yang menyengat (seperti gas bocor).

Kemudian Senin, 29 Maret 2021, sekitar pukul 00.45 WIB, 4 unit Tank Product Premium T-301 terbakar disusul dengan ledakan yang sangat keras. Belum diketahui penyebab kejadian, ada dugaan karena kebocoran pada tangki kilang, juga pada saat kejadian sedang hujan deras disertai petir.



Video dari sudut pandang lainnya


Sekitar pukul 01.30 WIB masyarakat berhamburan dan menyelamatkan diri dan mengungsi, tim BPBD langsung menuju tempat kejadian dan berkoordinasi dengan pihak terkait, kemudian mengevakuasi penduduk yang terdampak ke 3 titik pengungsian: GOR Komplek Perumahan Bumi Patra (220 orang), Islamic Centre (392 orang), dan Pendopo Kabupaten Indramayu (320 orang).

Tercatat 6 orang mengalami luka berat, 29 orang mengalami luka ringan, dan 932 orang terdampak dan mengungsi. Juga 6 desa yang terdampak di antaranya: Desa Balongan, Desa Majakerta, Desa Rawadalem, Desa Sukareja, Desa Tegalurung, dan Desa Sukaurip.



Sekitar pukul 07.00 WIB api masih belum bisa dipadamkan. Pertamina kehilangan produksi BBM 400 ribu barel akibat kebarakan tersebut.



Bupati Indramayu Nina Agustina bersama Kapolda Jabar dan Forkopimda meninjau langsung Kilang Balongan yang terbakar. Menurut bupati, upaya pemadaman terus dilakukan oleh Pertamina, selain itu penanganan terhadap warga yang terdampak juga terus dilakukan.



Sekitar pukul 20.30 WIB Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Bupati Indramayu menyambangi Posko Pengungsi masyarakat terdampak kebakaran kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Mensos ingin memastikan kebutuhan dasar masyarakat terdampak kebakaran terpenuhi.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos menyalurkan bantuan logistik dalam rangka penanganan bencana di Kabupaten Indramayu dengan nilai total Rp305.184.250. Bantuan terdiri dari Makanan Siap Saji 600 paket, Makanan Anak 300 paket, selimut 200 lembar, Kasur 300 unit, Kids Ware 60 paket, Family Kids 100 paket, dan tenda gulung 50 lembar.

 


Selasa, 30 Maret 2021, Bank Jabar Banten (BJB) menyalurkan bantuan untuk para pengungsi korban kebakaran Pertamina RU VI Balongan dengan nilai Rp 100 juta. Penyerahan bantuan diserahkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum didampingi Kepala Cabang BJB Indramayu Asep Wahyu Ismail, kepada para pengungsi yang secara simbolis diserahkan kepada Asisten Administrasi Setda Indramayu Suwenda Asmita, di GOR Bumi Patra Indramayu.

 


Rabu, 31 Maret 2021, setelah mengerahkan seluruh sumber daya dan mengoptimalkan penanganan insiden kebakaran 4 tanki di area T-301 Kilang Balongan, PT Pertamina (Persero) berhasil memadamkan api di tanki T-301 H sekitar pukul 01.30 WIB, disusul tanki T-301 E sekitar pukul 06.44 WIB, kemudian tanki T-301 G sekitar pukul 08.30 WIB. Satu tanki lainnya yaitu T-301 F padam pada pukul 14.30 WIB. Namun sore harinya titik api Kembali menyala di area kilang minyak yang terbakar.

Sabtu, 3 April 2020, api dan asap sudah tidak terlihat lagi di area kebakaran.

Foto dan video dari berbagai sumber.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebakaran Tangki Kilang Minyak Pertamina RU VI Balongan Indramayu"

Posting Komentar