Teks Cerita Inspirasi: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah, Langkah, dan Contohnya

 

Sumber: pixabay.com

Teks Cerita Inspirasi: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah, Langkah, dan Contohnya

Pengertian Teks Cerita Inspirasi

Teks cerita inspirasi berupa cerita naratif. Cerita tersebut singkat dan dapat menggugah pembaca untuk bersimpati, peduli, berempati atau perasaan pribadi. Empati adalah kemampuan seseorang untuk mengenali, mempersepsi, dan merasakan perasaan orang lain. Karena pikiran, kepercayaan, dan keinginan seseorang berhubungan dengan perasaannya, seseorang yang berempati akan mampu mengetahui pikiran dan mood orang lain. Empati sering dianggap sebagai semacam resonansi perasaan. Dalam empati ada tindakan atau aksi terhadap orang lain. Simpati adalah suatu proses seseorang merasa tertarik terhadap pihak lain sehingga mampu merasakan apa yang dialami, dilakukan, dan diderita orang lain. Dalam simpati, perasaan memegang peranan penting. Simpati akan berlangsung apabila terdapat pengertian pada kedua belah pihak. Seseorang merasa simpati kepada orang lain karena sikap, penampilan, wibawa, atau perbuatannya.

 

Ciri Teks Cerita Inspirasi

Teks cerita inspirasi memiliki ciri-ciri berikut.

  1. Memiliki judul.
  2. Cerita sistematis.
  3. Bentuk cerita tidak terlalu panjang.
  4. Isi cerita mengandung simpati, kepedulian, atau empati.
  5. Ide cerita bisa muncul dari fenomena dalam masyarakat.
  6. Cerita mampu menggugah pembaca untuk melakukan perubahan yang lebih baik.
  7. Pesan yang disampaikan secara implisit dan disampaikan dengan memilih kata-kata yang menyentuh hati.

 

Jenis Teks Cerita Inspirasi

Teks cerita inspirasi dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis. Berdasarkan sifat peristiwanya, teks cerita inspirasi dibagi menjadi:

  1. teks cerita inspirasi nonfiksi
  2. teks cerita inspirasi fiksi

Berdasarkan tokohnya, teks cerita inspirasi dibagi menjadi:

  1. Teks Cerita Inspirasi Tokoh Terkenal

Teks cerita inspirasi tokoh terkenal adalah teks cerita inspirasi yang menceritakan kisah orang-orang terkenal. Orang terkenal yang dimaksud bersifat nonfiksi. Salah satu contoh teks cerita inspirasi tokoh terkenal di Indonesia adalah Andrie Wongso. Contoh kisah inspirasi tokoh terkenal berupa cerita fiksi adalah Sepasang Kakek Nenek Misterius di KRL.

  1. Teks Cerita Inspirasi Sufi

Teks cerita inspirasi sufi adalah teks cerita inspirasi yang menceritakan kisah-kisah sufi atau pemuka agama. Teks cerita inspirasi sufi menceritakan pengalaman sehari-hari seorang sufi. Tokoh sufi dalam teks cerita ini bersifat nonfiksi ataupun fiksi.

  1. Teks Cerita Inspirasi Binatang

Teks cerita inspirasi binatang adalah teks cerita inspirasi yang menggunakan tokoh seekor binatang. Teks cerita inspirasi ini mengumpamakan binatang seperti manusia. Dalam teks cerita inspirasi ini, binatang dapat berbicara dan berpikir seperti manusia.

 

Struktur Teks Cerita Inspirasi

Struktur teks cerita inspirasi terbagi menjadi empat, yaitu orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda.

  1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian pertama struktur teks cerita inspirasi. Orientasi menjelaskan latar belakang peristiwa yang terjadi dalam teks cerita inspirasi.

  1. Komplikasi

Krisis merupakan bagian teks cerita inspirasi yang muncul setelah orientasi. Pada tahap ini tokoh mengalami konflik. Krisis menjelaskan peristiwa ganjil, unik, atau tidak biasa terjadi.

  1. Resolusi

Peristiwa ganjil yang terjadi dalam bagian krisis akan mendapatkan respons tertentu. Respons tersebut menandai munculnya bagian reaksi. Keganjilan peristiwa dalam bagian krisis baru dapat dipahami pada bagian reaksi ini. Pada bagian ini terdapat pemecahan masalah. Bagian ini juga menunjukkan klimaks cerita. Selain itu, permasalahan yang dikritik dapat dipahami pada bagian ini.

  1. Koda

Koda merupakan bagian terakhir teks cerita inspirasi. Koda dapat berupa pernyataan umum untuk mengakhiri cerita dalam teks cerita inspirasi. Selain itu, koda dapat pula berupa pernyataan kesimpulan atas peristiwa yang diceritakan atau nilai-nilai pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks. Koda ini bersifat manasuka, artinya tidak setiap teks cerita inspirasi terdapat simpulan atau nilai-nilai pelajaran yang dapat dipetik dalam cerita tersebut.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspirasi

Dalam cerita inspirasi terdapat penggunaan konjungsi. Konjungsi adalah partikel yang berfungsi untuk menggabungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, atau kalimat dengan kalimat. Dalam bahasa Indonesia terdapat lima jenis konjungsi, yaitu konjungsi koordinatif, konjungsi korelatif, konjungsi subordinatif, dan konjungsi antarkalimat, serta konjungsi antarparagraf.

 

Langkah-Langkah Menyusun Teks Cerita Inspirasi

Membuat teks cerita inspirasi membutuhkan kreativitas pengarangnya. Pengarang membuat teks cerita inspirasi dengan berbagai tujuan. Teks cerita inspirasi dapat dibuat dengan langkah-langkah berikut.

 

  1. Mengamati lingkungan sekitar.

Pengamatan ini berfungsi untuk melatih kepekaan pengarang terhadap permasalahan yang muncul di sekitarnya.

  1. Menentukan tema teks cerita inspirasi yang ingin dibuat.

Setelah mengamati lingkungan sekitar, pengarang menentukan satu di antara berbagai pilihan tema.

  1. Mulailah dengan membuat narasi dengan mengacu struktur teks cerita inspirasi, yaitu orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda.
  2. Buatlah cerita yang dapat menginspirasi pembaca sehingga dapat menggugah rasa simpati, peduli, atau empati.
  3. Tentukan judul teks cerita tersebut sesuai garis besar cerita.

 

Contoh Teks Cerita Inspirasi Beserta Strukturnya

Penebang Kayu

Orientasi

Suatu ketika, seorang pemuda yang sangat kuat meminta pekerjaan pada seorang saudagar kayu, dan dia mendapatkannya. Upah yang ditawarkan sesuai dengan keinginannya, lokasi pekerjaannya pun dekat dengan rumahnya. Oleh karena itu, sang pemuda bertekad untuk bekerja dengan sungguh-sungguh.

Akhirnya, saudagar memberinya kapak dan menunjukkan area tempat penebangannya. Hari pertama penebang pohon membawa 21 batang pohon.

"Wah, hebat kamu kuat sekali, bisa membawa pulang kayu sebanyak ini dalam satu hari," kata saudagar kayu yang merupakan atasannya sekarang.

 

Komplikasi

Termotivasi oleh perkataan itu, sang pemuda menebang kayu dengan usaha yang lebih keras keesokan harinya. Tetapi, hari itu dia hanya bisa membawa 17 batang pohon. Hari ketiga dia berusaha lebih keras lagi, tetapi dia hanya bisa membawa 10 pohon. Hari demi hari, pohonnya makin berkurang.

"Aku pasti telah kehilangan kekuatanku," pikir penebang kayu itu. Dia menghadap kepada saudagar kayu dan meminta maaf, mengatakan bahwa dia tidak mengerti apa yang sedang terjadi.

 

Resolusi

"Kapan terakhir kali kau mengasah kapak yang kau gunakan?" tanya saudagar itu. "Mempertajam? Saya tidak punya waktu untuk mengasah kapak saya. Saya sangat sibuk menebang pohon."

“Cobalah secara rutin asah kapakmu sebelum bekerja dan coba lihat hasilnya.” saudagar memberikan saran.

Setelah sang pemuda secara rutin mengasah kapaknya, hasil kerjanya kembali meningkat dan sangat memuaskan.

 

Koda

Terkadang bekerja keras saja tidaklah cukup untuk mencapai kesuksesan. Kita juga harus bekerja dengan cerdas! Pemuda itu sebetulnya memiliki potensi yang hebat untuk memotong kayu. Namun, pada awalnya dia tidak memiliki sikap yang tepat untuk dapat berhasil dalam tugas khusus ini. Melalui kerja keras dan sikap yang cerdas, tidak ada yang mustahil dalam hidup ini.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teks Cerita Inspirasi: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah, Langkah, dan Contohnya"

Posting Komentar