Anda Susah Tidur? Ini tipsnya




Anda Susah Tidur? Ini tipsnya - Assalamualaikum, selamat pagi menjelang siang. Berhubung semalam saya tidur pukul 1 dini hari, maka pada kesempatan di pagi yang cerah ini saya akan berbagi mengenai tips-tips agar kita tidak susah tidur. karena susah tidur atau insomnia itu bikin kepala puyeng. oke langsung saja pembahasannya yang didapat dari beberapa sumber.

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan.

Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat itu memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.

Susah tidur atau insomnia sesungguhnya sangat tidak baik untuk kesehatan, terutama hati (liver). sebuah penelitian menjelaskan orang yang tidur larut malam rawan akan terkena penyakit kanker hati, karena hati akan bekerja maksimal saat kita tidur antara pukul 23.00 s.d. 03.00 pagi, jadi kita tidur terlalu larut maka hati tidak bisa bekerja maksimal dan hal ini bisa menyebabkan hati terkena kanker.

Jika anda adalah salah satu orang yang mengalami kesulitan saat ingin tidur (insomnia), coba lakukan tips di bawah ini.

1. Hindari kopi - Hindari kopi dan hal lainnya yang bisa menyebabkan mata menjadi segar kembali. kopi mengandung zat yang bisa menyebabkan mata menjadi segar kembali, jadi ketika anda hendak ingin tidur usahakan agar tidak minum kopi, namun jika Anda ingin tetap meminum kopi, sebaiknya lakukan 3 jam sebelum Anda ingin tidur agar pada waktu tidur zat-zat yang bisa menyebabkan mata menjadi segar telah dinetralisir tubuh sehingga tubuh Anda akan kembali normal seperti sebelumnya.

2. Rapikan tempat tidur - Sebelum merebahkan tubuh di kasur kesayangan, maka rapikan dahulu tempat tidur dengan mengibaskan sprei, selimut, dan juga bantal. Tujuannya untuk membersihkan debu halus dan membuat rapi tempat tidur, sehingga membantu untuk kenyamanan tidur.

3. Atur suhu ruangan - Para pakar tentang tidur mengatakan bahwa suhu ideal untuk tidur adalah sekitar 18'C. Tubuh anda membutuhkan sedikit penurunan suhu untuk mendorong anda agar lebih cepat tertidur. namun, sesuaikan juga suhu dikamar ini dengan kenyamanan anda agar tidak terlalu dingin. terlalu dingin atau terlalu panas tentunya akan membuat anda mudah terbangun dan dengan begitu tidur anda tidak akan pulas.

4. Matikan gadget, ponsel, dan sejenisnya - Para ahli menjelaskan penggunaan gadget elektronik dengan layar LED yang mengeluarkan cahaya biru dapat menghambat produksi hormon melatonin. Hormon melatonin dibutuhkan tubuh agar bisa mengantuk. Dengan terganggunya produksi hormon melatonin, maka dapat merusak jam biologis tubuh, yang membuat jam tidur menjadi kacau.

5. Berhenti menatap jam dinding - Saat Anda susah tidur, atau terus terbangun sepanjang malam, yang Anda lakukan pertama kali pastinya mengecek waktu. Menatap jam justru akan memicu Anda untuk terbangun/susah tidur. Jam meningkatkan tingkat kewaspadaan Anda dan mengacaukan waktu tidur Anda. Bila Anda butuh memasang alarm, jauhkan jam tersebut dari jangkauan Anda.

6. Rilekskan tubuh dan pikiran – Hentikan semua aktivitas yang sedang dilakukan, disarankan setengah jam sebelum tidur harus menghentikan semua kegiatan yang berat (menguras pikiran). Ini dilakukan agar pikiran dapat lebih tenang dan juga otot tubuh menjadi rileks. 

7. Matikan lampu – Mematikan lampu membuat suasana kamar menjadi lebih tenang dan nyaman. Sangat disarankan untuk tidur dalam keadaan gelap gulita yang membuat kualitas tidur menjadi sangat baik.

8. Gunakan penutup mata – Ketika benar-benar kesulitan untuk memejamkan mata, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan penutup mata, dimana tujuannya mencegah 100% mata terkena cahaya sehingga mampu mengirim rangsangan ke otak untuk membantu proses mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

9. Berdoa - Cara terakhir untuk mengatasi susah tidur yaitu dengan berdoa. Dengan berdoa tentunya bisa membuat hati kita menjadi lebih tenang dan menyebabkan pikiran kita juga tenang yang berarti pikiran tidak terbebani oleh sesuatu hal yang membuat kita susah tidur nantinya.

Nah itu tadi beberapa tips agar kita tidak susah tidur atau insomnia. Sekian saja pembahasan yang sedikit ini semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang susah tidur. wassalamualaikum. 

Baca juga: Apa itu HIV/AIDS?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anda Susah Tidur? Ini tipsnya"

Posting Komentar