Sejarah Desa Mekargading



Sejarah Desa Mekargading – Desa Gadingan termasuk pada wilayah Kecamatan Sliyeg. Desa Gadingan adalah desa besar sehingga pada tahun 1983 termasuk desa yang dimekarkan, karena pada tahun tersebut desa-desa di wilayah Kecamatan Sliyeg mengalami pemakaran, salah satunya Desa Gadingan yang dimekarkan menjadi dua desa, yaitu Desa Gadingan dan Desa Mekargading. Nama Mekargading digagas oleh para ulama dan tokoh masyarakat yang domisilinya masuk ke dalam desa baru. Kata Mekar adalah pengembangan desa, yaitu adanya Buyut Gading di sebuah blok, dan Gading diambil dari Asyaro yang menurut artinya adalah Buyut Utama dan di dalamnya ada pohon Pring Gading. Di sini dinamakan Mekargading, yaitu pengembangan desa, dari Desa Gadingan.

Pemekaran antara Desa Gadingan dan Desa Mekargading masih meninggalkan polemik dikarenakan perimbangan pembagian kekayaan desa yang tidak sesuai aturan. Desa Mekargading adalah desa dengan kondisi wilayah dan potensi terkecil di antara desa-desa hasil pemekaran di wilayah Kecamatan Sliyeg, sehingga pantaslah Desa Mekargading sekian lamanya menjadi desa tertinggal.

Desa Mekargading terdiri dari empat blok hunian besar, yaitu Blok Kabas,  Blok Panggung, Blok Lamaran, dan Blok Benduk. Masyarakat Desa Mekargading termasuk masyarakat nasionalis. Tingkat  kesadaran pendidikan di Desa Mekargading pertengahan, baik itu  pendidikan formal dan nonformal. Para orang tua yang mengirimkan anaknya menuntut ilmu di luar kabupaten masih orang tertentu dilihat dari kemampuan biaya dan faktor anak tersebut yang belum menyadari jenjang karir ke depan.

Dari mayoritas petani, mastarakat Desa Mekargading banyak pula yang berprofesi sebagai PNS baik PNS umum maupun PNS guru, sebagai anggota TNI maupun Polri. Dalam bidang pertanian, masyarakat Desa Mekargading mempunyai keunggulan dalam hortikultura. Pasokan sayuran yang ada di kota Jakarta di antaranya disuplai dari Desa Mekargading.

Desa Mekargading adalah desa baru hasil pemekaran yang masih terus menata diri, usia 32 tahun adalah usia muda yang penuh semangat. Hasil pembangunan yang dirasakan tidak terlepas dari peran serta dan jasa kuwu-kuwu terdahulu sampai sekarang.

Adapun nama-nama kuwu Desa Mekargading di antaranya sebagai berikut.
1.      Kuwu Pjs. Casmudi          tahun 1983 s.d. 1985
2.      Kuwu Daspan                   tahun 1985 s.d. 1993
3.      Kuwu Sukatma                 tahun 1993 s.d. 2001
4.      Kuwu Wadono                 tahun 2001 s.d. 2012
5.      Kuwu Sumanta                 tahun 2012 s.d. sekarang

Sumber: Pemerintah Kecamatan Sliyeg





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Desa Mekargading"

Posting Komentar