Teks Persuasi: Pengertian, Struktur, Kaidah, Langkah, dan Contohnya

 

Sumber: petrominer.com

Teks Persuasi: Pengertian, Struktur, Kaidah, Langkah, dan Contohnya

Pengertian Teks Persuasi

Teks Persuasi adalah teks yang bertujuan untuk membujuk atau mengajak orang lain agar mengikuti pemikiran atau tindakan tertentu. Dengan kata lain, teks persuasi berusaha menyampaikan maksud tertentu kepada pembaca agar dapat melaksanakan atau menerima apa yang menjadi gagasan penulis atas suatu pendapat.

 

Struktur Teks Persuasi

      1.      Pengenalan isu

berupa berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.

      2.      Rangkaian argumen

berupa sejumlah pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen-argumennya itu.

      3.      Pernyataan ajakan

sebagai inti dari teks persuasi yang di dalamnya dinyatakan dorongan kepada pembaca/pendengarnya untuk melakukan sesuatu. Pernyataan itu mungkin disampaikan secara tersurat ataupun tersirat. Adapun kehadiran argumen berfungsi untuk mengarahkan dan memperkuat ajakan-ajakan itu.

      4.      Penegasan kembali

biasanya ditandai oleh ungkapan-ungkapan seperti demikianlah, dengan demikian, oleh karena itulah.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi

      1.      Bujukan/ajakan

Misalnya penting, harus, sepantasnya, jadikanlah, jangan, sebaiknya, hendaknya, waspadalah.

      2.      Pendapat

      3.      Fakta

      4.      Kata teknis (istilah)

berkenaan dengan topik yang dibahas

      5.      Konjungsi kausalitas

Misalnya jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.

      6.      Kata kerja mental

Misalnya  diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, menduga, berpendapat, berasumsi, menyimpulkan.

      7.      Kata perujukan

Misalnya berdasarkan data…., merujuk pada pendapat....

 

Langkah-Langkah Penyusunan Teks Persuasi

      1.      Menentukan tema atau bujukan utamanya

      2.      Mencatat perincian-perincian

      3.      Menyusun pendapat, fakta, dan rumusan ajakan

      4.      Mengembangkan kerangka tersebut menjadi teks persuasi yang lengkap

 

Contoh Teks Persuasi Beserta Strukturnya

Pengenalan Isu

Indonesia terletak di tengah-tengah zamrud khatulistiwa yang memberikan banyak kelebihan. Tanah di sini subur, hampir semua tanaman produktif yang diminati pasar konsumsi dapat tumbuh. Namun, di balik keunggulan itu terdapat risiko yang harus dihadapi jika membicarakan letak geografis kepulauan republik Indonesia. Perlu diketahui, wilayah Indonesia berada di wilayah pusat gempa dan gunung berapi yang melingkari Samudra Pasifik. Oleh karena itu, merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk selalu waspada dan memiliki kesiapan untuk menghadapi berbagai bencana alam yang rentan melanda rumah kita.

 

Rangkaian Argumen

Pertimbangannya banyak melibatkan berbagai pendapat yang sebetulnya sudah diutarakan oleh berbagai pihak. Baik pihak ahli dari lembaga penelitian dari berbagai universitas maupun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia. Contohnya bagaimana BMKG rutin menggelar forum informasi cuaca iklim dan gempa bumi. Bahkan, di beberapa daerah yang memang memiliki histori patahan gempa yang cukup berisiko tinggi, mereka akan menyosialisasikan perihal antisipasi gempa dan bencana alam pada warga sekitar yang tinggal di zona rawan.

 

Pengusaha, perusahaan, dan berbagai lembaga komersial lainnya pun selalu diminta untuk mematuhi protokol keamanan dalam membuka usaha di kawasan dengan risiko bencana. Caranya adalah dengan membangun bangunan anti gempa, memiliki kawasan berkumpul bencana, dan menyediakan berbagai pintu, tangga, dan peralatan antisipasi bencana lainnya.

 

Pernyataan Ajakan

Pemerintah mungkin sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan kita, tetapi kita juga harus mampu secara mandiri mempersiapkan berbagai hal yang tak terduga. Siap dan tanggap terhadap bencana alam adalah suatu keharusan bagi kita semua sebagai pengaruh cincin api dunia. Kita harus selalu melek akan berbagai informasi dan sosialisasi yang rutin diadakan oleh BMKG, mencoba mengaplikasikan bangunan anti gempa jika mampu, dan memilih kawasan yang cenderung lebih aman dan jauh dari patahan aktif jika memungkinkan.

 

Penegasan Kembali

Sekali lagi, melek terhadap informasi mengenai bencana alam adalah peta kita untuk menjalani penjelajahan cincin api. Selalu bersiap, tanggap, dan cermat terhadap risiko bencana alam adalah satu di antara perlengkapan hidup kita di negeri yang subur, namun tetap menyibak misteri kemarahan alam di dalamnya.

 

Sumber:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teks Persuasi: Pengertian, Struktur, Kaidah, Langkah, dan Contohnya"

Posting Komentar