Keutamaan 10 Hari Pertama Puasa Ramadan

 


Keutamaan 10 Hari Pertama Puasa Ramadan - Selamat malam, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi keutamaan 10 hari pertama puasa Ramadan yang dikutip dari berbagai sumber.

Ramadan merupakan bulan suci yang penuh berkah dan keutamaan bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama 29 atau 30 hari penuh puasa, berdoa, membaca Al-Qur’an, dan melakukan kegiatan keagamaan lainnya, umat Islam diharapkan dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan mereka. Di antara seluruh bulan Ramadan, terdapat 10 hari pertama yang sangat istimewa dan mempunyai banyak keutamaan.

Keutamaan 10 hari pertama puasa Ramadan perlu diketahui oleh seluruh umat Islam. Pasalnya, di 10 hari pertama puasa tubuh sedang mencoba beradaptasi dengan kondisi baru yang mana harus menahan rasa lapar dan haus dari adzan subuh hingga terbenamnya matahari. 

Pada 10 hari pertama puasa Ramadan seluruh keberkahan dan pahala akan diberikan dan dicatat dalam jumlah yang berlipat ganda, tetapi tetap harus diimbangi dengan melakukan amalan-amalan ibadah seperti tadarus Qur'an, bersedekah, sholat sunnah, sholawat, dan amalan lainnya. Jika, Anda melakukan amalan tersebut niscaya Allah SWT akan membalas berkali-kali lipat hal tersebut. 

Banyak keutamaan yang bisa Anda dapatkan di 10 hari pertama puasa seperti doa banyak dikabulkan, bulan yang penuh rahmat, dan lain sebagainya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

"Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya 'Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka)."

Berikut keutamaan 10 hari pertama puasa Ramadan yang telah dilansir dari berbagai sumber:

1. Waktu yang Tepat Untuk Berdoa 

Keutamaan pertama adalah waktu yang paling tepat untuk berdoa. Ada waktu-waktu yang tepat untuk Anda melantunkan doa-doa Anda yaitu di waktu adzan berkumandang, di waktu berpuasa, di saat waktu sahur, dan di malam Lailatul Qadar. Anda bisa panjatkan doa-doa berbeda setiap harinya bisa dimulai dari 10 hari pertama puasa Ramadan. Setiap harinya ada doa-doa yang berbeda yang bisa Anda lantunkan, yang mana tentunya memiliki keistimewaannya masing-masing, dan lihatlah bagaimana Allah SWT mengabulkan doa-doa Anda. 

Allah  SWT menjanjikan akan mengabulkan setiap doa umat Muslim pada bulan Ramadan. Hal ini termaktub dalam hadis Rasulullah SAW seperti di bawah ini:

“Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: Imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka dan dan orang orang yang didzalimi. Doanya diangkat ke awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Tuhan azza wa jalla berfirman: demi kemuliaanku saya pasti menolong engkau setelah ini." (HR Imam Ahmad).

2. Terbukanya Pintu Rahmat

Pada 10 hari pertama di bulan Ramadan, pintu rahmat akan terbuka lebar yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh umat muslim untuk berlomba-lomba mengumpulkan pahala dan ibadah sebanyak-banyaknya. Setiap kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadan pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. setiap hamba-Nya yang melakukan puasa akan dipandang sebagai seorang yang mulia karena menjalankan ibadah sejak awal.

3. Waktu yang Tepat Untuk Minta Ampun kepada Allah SWT

Selain sebagai bulan yang tepat untuk berdoa, di bulan Ramadan juga menjadi bulan yang tepat untuk meminta ampunan kepada Allah SWT. Di bulan ini, Allah SWT membukakan pintu pengampunan dan pertaubatan seluruh umatnya selebar-lebarnya. Hal ini sesuai dengan:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Dapat Memperbanyak Amal dan Ibadah

Bulan Ramadan adalah bulan yang memiliki pahala berlipat ganda. Maka dari itu, setiap Muslim hendaknya banyak melakukan amalan baik di bulan Ramadan. Ini tertuang dalam hadis Rasulullah seperti berikut ini:

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman: 'Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku'."(HR Imam Muslim).

Sebisa mungkin, 10 hari pertama puasa Anda melakukan banyak hal positif seperti salat sunnah, salat witir, berdzikir, membaca Alqur'an, dan hal-hal lainnya. Lakukan secara rutin selama 10 hari pertama agar pahalanya banyak dan berkah. 

5. Bulan Penuh Berkah dan Keberuntungan

Keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadan berikutnya adalah mendapatkan berkah dan keberuntungan. Keberuntungan akan didapat oleh orang yang menjalankan puasa di 10 hari pertama Ramadan. Ia akan selalu dalam lindungan Allah SWT selama bulan Ramadan dan mendapatkan limpahan rezeki yang tak terduga dari Allah SWT serta selalu berada dalam petunjuk-Nya.

6. Lebih Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT Melalui Alquran

Lebih bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini dikarenakan sebaik-baiknya kegiatan yang dilakukan selama bulan Ramadan adalah membaca Alquran. Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadan, sebagai ilmu dan pengetahuan, serta sebagai penunjuk jalan kehidupan. Di bulan ini pahala membaca Al-Quran dilipatgandakan. Membaca Al-Quran juga bisa mendatangkan ketenangan hati dan rahmat Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT: 

"Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadan adalah tadarus Al-Quran. Tadarus Alquran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadan." (QS. Al Baqarah ayat 185). 

7. Dibukanya Pintu Surga

Pada bulan Ramadan, pintu surga pun akan dibuka dan pintu neraka akan ditutup. Maka, perbanyaklah melakukan amalan baik di bulan yang pernuh berkah tersebut. Ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang bunyi hadisnya sebagai berikut:

 “Jika telah datang bulan Ramadan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai.” (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Itulah tadi keutamaan 10 hari pertama puasa Ramadhan. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan 10 Hari Pertama Puasa Ramadan"

Posting Komentar