Sinopsis Novel Pintu Karya Fira Basuki

 


Sinopsis Novel Pintu Karya Fira Basuki - Selamat siang, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sinopsis novel Pintu karya Fira Basuki yang diterbitkan oleh PT Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia) pada tahun 2002.

Novel ini merupakan novel kedua dari serangkaian trilogi Jendela - Pintu - Atap. Menceritakan Djati Suryo Wibowo Subagio, atau yang biasa dipanggil Bowo, adalah kakak dari June Larasati Subagio. Bowo dianggap sebagai sosok yang istimewa karena memiliki kemampuan indera keenam. Lahir pada tahun 1968 dengan weton Sabtu Pahing, Bowo memiliki neptu Jawa tertinggi yaitu 18. Sejak usia satu tahun, kemampuan Bowo sudah setara dengan anak berumur tiga tahun. Pada saat usia tiga tahun, dia bahkan bisa melihat jin yang kemudian diberi nama Jeliteng.

Tidak dapat dipisahkan dari sosok Bowo adalah kehadiran neneknya, Yangti. Selalu memberikan nasihat yang berharga, Yangti sering menenangkan Bowo dengan lagu-lagu yang dinyanyikannya. Hal itu selalu membekas dalam diri Bowo dan terus memengaruhi perasaannya. Pengalaman batin yang dialami Bowo membawanya pada berbagai pengalaman yang berbeda.

Suatu ketika Bowo pernah bermimpi bertemu dengan seorang kakek berambut panjang yang menyuruhnya untuk pergi ke arah timur. Walaupun tidak mengerti maksud dari mimpinya, setelah bangun tidur, Bowo merasa terdorong untuk memenuhi perintah si kakek. Akhirnya Bowo memutuskan untuk pergi ke arah timur. Dia menghabiskan waktu dua hari di Surabaya, tetapi menurut June, Bowo pergi selama dua minggu. Hingga kini, Bowo masih merasa merinding ketika mengingat pengalaman tersebut.

Ketika berusia sepuluh tahun, Bowo memulai belajar silat dari seorang tetangga bernama Pak Haji Brewok di belakang rumahnya. Namun Yangti selalu mengingatkan bahwa keahlian bela diri saja tidaklah cukup, dan bahwa selain tubuh, batin juga harus diasah. Yangti juga menekankan bahwa kepercayaan kepada Gusti Allah adalah kunci meraih kondisi spiritual yang sebenarnya, dan bahwa kejawen sebenarnya bukanlah tentang ilmu gaib atau hal-hal gaib lainnya.

Saat memulai kuliah, Bowo hampir terlibat dalam kasus pembunuhan seorang senior yang membuatnya memutuskan untuk melanjutkan kuliahnya di Chicago, Amerika Serikat. Sepanjang pengalamannya, Bowo selalu mengalami kelebihan indera keenam. Di asrama Chicago tempat mahasiswa menginap selama kuliah, dia pernah bertemu dengan hantu bernama Anna. Namun, Bowo berhasil mengungkap semua misteri yang melingkupi keberadaan Anna.

Kisah cinta Bowo memiliki sisi menarik yang cukup kompleks. Pada suatu masa, Bowo menjalin hubungan dengan Putri, seorang teman dekat June. Namun, hubungan mereka mengalami berbagai masalah yang akhirnya berujung pada putusnya hubungan mereka. Hal ini disebabkan oleh perilaku tidak setia Bowo yang berselingkuh dengan Erna. Karena uang simpanannya sudah menipis, Bowo terpaksa tinggal bersama Erna. Selama itu, dia hanya menerima kiriman uang sekadar untuk membayar iuran sekolah dari orangtuanya.

Bowo terpaksa bekerja untuk mendukung bisnis keluarga Antonio Bonano sebagai seorang peretas atau hacker, dengan tugas membuka rahasia perusahaan lain melalui internet dan menerima bayaran sebesar dua ribu dolar. Namun, pekerjaannya tersebut membawa konsekuensi yang serius karena Bowo ditangkap dan dipenjara di Amerika akibat pengungkapan sistem komputer social security. Setelah menjalani masa hukuman, Bowo akhirnya dibebaskan dengan syarat-syarat tertentu selama satu tahun ke depan.

Sebelum menikahi Aida, Bowo pernah terlibat hubungan intim dengan Paris yang sudah menikah dengan Anderson. Namun, saat hendak menikahi Aida, Jeliteng mendatangi Bowo dan mengatakan bahwa jodohnya belum datang. Saat pernikahan Bowo dan Aida, mantan pacar Bowo, yaitu Putri, datang untuk memberikan ucapan selamat. Yangti, yang hadir di resepsi pernikahan, mengobrol dengan Putri dan akhirnya mereka berpelukan. Namun sayangnya Yangti tiba-tiba meninggal dunia dalam pelukan Putri dan membuat Putri menjerit memanggil nama Yangti.

Itulah tadi sinopsis novel Pintu karya Fira Basuki. Semoga bisa bermanfaat dan menghibur pembaca semuanya.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinopsis Novel Pintu Karya Fira Basuki"

Posting Komentar