Sinopsis Novel Atap Karya Fira Basuki

 


Sinopsis Novel Atap Karya Fira Basuki - Selamat malam, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sinopsis novel Atap karya Fira Basuki yang diterbitkan oleh PT Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia) pada tahun 2002.

Novel ini merupakan novel ketiga dari serangkaian trilogi Jendela - Pintu - Atap. June memutuskan untuk kembali kepada Jigme dan meminta maaf setelah mengakhiri hubungan perselingkuhannya dengan Dean. Jigme dengan baik hati memaafkan June karena Jigme adalah pribadi yang rendah hati.

Akibat krisis di Radio Internasional tempatnya bekerja, June terpaksa berhenti dari pekerjaannya, dan itu membuatnya merasa sangat tertekan berada di Singapura. June semakin merasa terkekang karena tidak memiliki pekerjaan tetap dan merasa malu karena tidak dapat membantu Jigme dalam mengatasi masalah keuangan keluarga kecil mereka.

Melihat kondisi istrinya seperti itu, Jigme memutuskan untuk mengirim June berlibur ke Amerika, tempat di mana dia pernah kuliah, untuk menghilangkan kepenatan yang sering membuatnya merasa tidak nyaman. June sangat senang kembali ke Pittsburgh. Dia mengunjungi ibu angkatnya yang dulu merawatnya di sana, Alice.

Alice mengingatkan June tentang Aji Saka. Aji pernah menjadi kekasih June saat mereka berdua masih kuliah. June memutuskan untuk meninggalkannya karena sikap Aji yang kasar terhadapnya. June lalu bertemu dengan Jigme yang kemudian menjadi suaminya. Alice mendorong June untuk bertemu kembali dengan Aji. June kemudian memutuskan untuk mencari Aji hingga akhirnya mereka bertemu di kota Boulder.

Tanpa diduga, Aji ternyata kini telah berubah. Sekarang dia memiliki sebuah motel yang didedikasikan untuk June. Kejutan ini membuat June kembali terpikat pada Aji. Akan tetapi June menyadari bahwa Jigme adalah kekasih sejatinya. June menyesal karena telah membohongi suaminya untuk yang kedua kalinya. Akhirnya June memutuskan untuk meninggalkan Aji untuk selamanya.

Di sisi lain, kehidupan Bowo setelah menikah dengan Aida penuh dengan berbagai drama dan kejadian yang tidak terduga. Saat Bowo menikah dengan Aida, neneknya yang bernama Yangti meninggal dalam pelukan Putri. Putri adalah mantan kekasih Bowo. Saat mereka berdua bertemu, Putri mengatakan bahwa ia akan mencintai Bowo selamanya. Namun, setelah Yangti mengetahui tentang hubungan Bowo dengan Putri, Yangti menghembuskan napas terakhirnya. Kemudian Putri tiba-tiba menghilang tanpa jejak.

Bowo membangun sebuah perusahaan jasa computer bernama PT. Sun Tech setelah menikah. Kesuksesan perusahannya membuat pesaingnya iri dan berusaha menjatuhkannya. Salah satu upaya jahat yang dilakukan adalah mengirim santet kepada Bowo saat dia sedang tidur. Namun, santet tersebut gagal dan kembali ke pengirimnya. Selain itu, Bowo juga pernah diserang oleh maling yang berusaha menanamkan ilmu hitam ke rumahnya. Namun, usaha maling tersebut gagal ketika keris dan tombak pemberian teman-temannya membuat maling tersebut pingsan.

Bowo bertemu kembali dengan Putri saat bekerja sama dengan perusahaan lain. Bowo masih mencintai Putri. Aida pun merasakan perubahan pada perilaku Bowo yang tidak biasa. Bowo kemudian menjelaskan kepada Aida mengenai hubungannya dengan Putri. Aida mengerti dan memberikan izin kepada Bowo untuk menikah lagi. Bowo berjanji bahwa dia akan bersikap adil terhadap setiap istrinya. Akhirnya Bowo menikahi Putri.

Dalam kejadian yang tidak terduga, Putri ternyata mengidap kanker Rahim yang parah. Dengan penuh kesabaran, Bowo mencoba menyembuhkan Putri melalui pengobatan aliran tenaga dalam yang dibantu oleh Ki Brewok. Meskipun Bowo memiliki pengalaman dalam mempelajari ilmu tenaga dalam dan memiliki indra keenam, dia tidak cukup kuat untuk mengobati penyakit Putri. Pada saat Bowo menjaga Putri dengan tekun, Aida malah berselingkuh dengan pria lain. Perbuatannya tersebut tidak bisa dimaafkan oleh Bowo, sehingga harus menceraikan Aida.

Bowo sedang merasa gelisah ketika Jeliteng, teman dari dunia lain, datang menemuinya. Jeliteng adalah jin yang menemani Bowo sejak kecil. Sekarang Jeliteng mengakui bahwa dia tinggal bersama Ratu Kidul, penguasa laut selatan. Jeliteng menceritakan kisah hubungannya dengan Bowo dan Ratu Kidul memahami jika Bowo mengalami kesulitan. Ratu Kidul mengirimkan doa untuk kesembuhan Putri. Akhirnya Putri pulih dengan cepat dan bisa melahirkan anak.

Pada akhir kisah, terungkaplah bahwa Ariel Sahi adalah orang yang sebenarnya sering mengirim puisi kepada June. Ariel adalah teman baik June saat June masih bekerja di radio Singapura. Meskipun Ariel menyukai June, namun dia tidak berani mengatakannya karena June sudah menikah dengan Jigme. Oleh karena itu, dia mengungkapkan perasaannya melalui puisi yang sering dikirimkan dengan nama samara Mr. X. Namun June menganggapnya hanya sebagai pengagum rahasianya karena dia telah berjanji setia kepada Jigme.

Akhirnya June dan Jigme dikaruniai anak perempuan, sedangkan Bowo dan Putri dikaruniai anak laki-laki. June dan Bowo pun hidup bahagia dengan pasangan hidup dan buah hatinya.

Itulah tadi sinopsis novel Atap karya Fira Basuki. Semoga bisa bermanfaat dan menghibur pembaca semuanya.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinopsis Novel Atap Karya Fira Basuki"

Posting Komentar