Keutamaan 10 Hari Kedua Puasa Ramadan

 


Keutamaan 10 Hari Kedua Puasa Ramadan Selamat siang, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi keutamaan 10 hari kedua puasa Ramadan yang dikutip dari berbagai sumber.

Tak terasa kita sudah memasuki fase 10 hari kedua puasa Ramadan. Pada 10 hari kedua bulan Ramadan merupakan fase maghfiroh atau pengampunan. Nabi Muhammad SAW menyampaikan, di 10 hari kedua Ramadan dianjurkan kepada kita untuk mengejar ampunan dari Allah SWT. Sebagai bentuk kasih sayang dari Allah SWT, maghfiroh itu diberikan khusus di waktu tersebut demi keselamatan orang yang berpuasa dari dosa-dosa yang telah dilakukannya.

Dapat disimpulkan, merugilah mereka yang hingga memasuki sisa waktu terakhir di 10 hari kedua Ramadan tetapi tidak memiliki keinginan kuat menyambut tawaran ampunan Allah. Di dalam Surah Al-Imran:133 dijelaskan: "Dan bersegeralah kamu menuju ampunan (maghfiroh) Tuhanmu."

Para ulama kerap menggunakan hadis yang membagi Ramadan jadi tiga.

“Awal bulan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka.”

Hadits di atas diriwayatkan al-Baihaqi dalam Syuabul Iman dan diriwayatkan oleh Ibn Khuzaimah dalam Sahih ibn Khuzaimah. Berikut penjelasan keutamaannya di bawah ini.

1. Diberikan Kemudahan Dunia dan Akhirat

Salah satu keutamaan 10 hari kedua bulan Ramadan adalah diberi kemudahan dunia dan akhirat. Hal ini sesuai dengan Surat Al Baqoroh ayat 184 yang memiliki arti berikut ini:
"(pada) hari-hari yang tertentu. Barang siapa yang sakit atau safar, maka mengganti di hari lain. Bagi orang yang mampu, maka ia membayar fidyah memberi makan orang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan (membayar kelebihan), maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Ibadah puasa Ramadan di 10 hari kedua mudah dijalankan bagi orang yang ikhlas. Bagi yang berhalangan boleh mengganti di hari lain dan akan tetap mendapat pahala yang sama seperti ketika Ramadan.

2. Mendapat Pahala yang Besar

Keutamaan 10 hari kedua bulan Ramadan berikutnya adalah mendapat pahala yang besar. Hal ini tercantum dalam surat Al Baqoroh ayat 183 dengan arti sebagai berikut:

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa" (Q.S Al-Baqoroh:183).

Rasul dan para sahabat serta seluruh umat mukmin di zaman terdahulu, telah menjalankan ibadah Ramadan. Sebab itu orang yang menjalankannya juga mendapat pahala besar karena telah mengikuti teladan Rasul yang dicintai oleh Allah.

3. Mencegah Maksiat

Keutamaan 10 hari kedua bulan Ramadan lainnya adalah dapat mencegah maksiat.
"Setiap perintah dalam Al-Qur’an pasti mengandung kebaikan, kemaslahatan, keberuntungan, manfaat, keindahan serta keberkahan. Sedangkan setiap larangan dalam Alquran pasti mengandung kerugian, kebinasaan, kehancuran, keburukan," (disarikan dari Tafsir Ibnu Katsir (1/200).

Jelas bahwa ibadah di 10 hari kedua Ramadan akan menjadi jalan untuk mencegah maksiat karena banyak berbuat kebaikan.

4. Sebagai wujud istiqomah

Satu bentuk iman yang diberikan Allah SWT adalah ketika telah mencapai tahap menjalankan ibadah di sepuluh hari kedua puasa Ramadan. Karena, mereka sudah berusaha menjaga ibadah puasanya dengan lancar.

Wujud dari orang yang memiliki rasa istiqomah itu adalah mereka yang tetap menjalani ibadah puasa Ramadan secara lengkap dalam sepuluh hari kedua bulan Ramadan.

Dari Sufyan bin Abdullah ats-Tsaqafi, ia berkata, “Wahai Rasulullah, katakan padaku di dalam Islam satu kutipan yang aku tidak akan bertanya kepada siapapun setelah Anda!” Beliau menjawab: “Katakanlah, 'aku percaya', lalu istiqomahlah.” (HR.Muslim, Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

5. Bersyukur

Apabila Anda sudah diberikan umur dan kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa sampai sekarang, maka Anda perlu memperbanyak rasa syukur. Ini tentu saja merupakan kenikmatan dari Allah SWT yang belum semua orang mampu melakukan ibadah penuh hingga memasuki sepuluh hari kedua. 

6. Doa akan dikabulkan

Pada pertengahan Ramadan merupakan hari-hari terbaik penuh ampunan. Oleh sebab itu, berdoalah sebanyak-banyaknya dengan penuh kesungguhan, agar permohonan ampunan dosa yang telah diperbuat dijabah oleh Allah SWT.

Itulah tadi keutamaan 10 hari kedua puasa Ramadhan. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan 10 Hari Kedua Puasa Ramadan"

Posting Komentar