Keutamaan 10 hari Terakhir Puasa Ramadan

 


Keutamaan 10 hari Terakhir Puasa Ramadan Selamat malam, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi keutamaan 10 hari terakhir puasa Ramadan.

Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Pada bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Tidak terasa sebentar lagi kita memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan. Tentunya bagi orang yang mempunyai keimanan akan merasa sedih karena sebentar lagi juga bulan Ramadan akan pergi meninggalkan kita dan berganti menjadi bulan Syawal.

Pada 10 hari terakhir bulan Ramadan juga terdapat berbagai keutamaan yang dapat memberi kita pahala yang luar biasa, serta dapat menghapuskan segala dosa-dosa kita.

Oleh karena itu, memasuki 10 hari terakhir Ramadan ini kita harus memanfaatkannya dengan beribadah lebih sungguh-sungguh lagi, sesuai dengan suatu hadis yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah radhiyallahu anha, “Rasulullah sangat bersungguh-sungguh beribadah pada 10 hari terakhir (bulan Ramadan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut.” (HR. Muslim).

Rasulullah SAW dengan bersungguh-sungguh memanfaatkan waktu-waktu penuh keutamaan dengan meningkatkan kualitas ketaatan, beribadah, beriktikaf, dan mengajak anggota keluarga untuk beribadah. Kesungguhan beliau beribadah di 10 hari terakhir Ramadan melebihi kesungguhan beribadah di waktu selainnya.

Salah satu keutamaan 10 hari terakhir bulan Ramadan adalah turunnya malam Lailatul Qadar, malam yang mulia dan merupakan malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Dalam hadisnya, Rasulullah SAW bersabda:

Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadan, pada malam yang ke sembilan tersisa, malam yang ke tujuh tersisa, malam yang ke lima tersisa,” (HR. Bukhari).

Karena itu, umat Islam sangat disarankan untuk beribadah, terutama ibadah malam, pada 10 hari terakhir Ramadan untuk bertemu keutamaan-keutamaan tersebut.

Barangsiapa yang melakukan sholat di malam tersebut dengan penuh keimanan, maka akan terampuni segala dosa-dosanya. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan serta mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Dalam sepuluh malam terakhir ini kita juga dianjurkan untuk senantiasa berdo’a kepada Allah SWT sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW:

“Dari ‘Aisyah radhiyallahu anha berkata: “Saya bertanya: Wahai Rasulullah bagaimana pendapatmu jika saya mengetahui malam itu ialah malam Lailatul Qadar, apakah yang harus saya baca pada malam itu?” Beliau bersabda: Bacalah Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii (Wahai Allah sesungguhnya Engkau ialah Dzat Maha Pengampun, suka pada ampunan maka ampunilah saya),” (HR. At Turmudzi).

Selain itu, bulan Ramadan disebut juga sebagai bulannya Al-Quran, karena di bulan Ramadan Al-Quran yang merupakan wahyu dari Allah SWT diturunkan ke Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. 

Manfaatkan 10 hari terakhir Ramadan dengan memperbanyak amal dan ibadah, seperti memperpanjang salat malam, memperbanyak sedekah, i’tikaf, tilawah Al-Quran, memperbanyak doa, zikir, dan lain-lain. Semoga kita bisa diberikan kesempatan lagi di Ramadan berikutnya, dengan amal ibadah yang lebih banyak dan lebih baik lagi dari sekarang, Aamiin.

Itulah tadi keutamaan 10 hari terakhir puasa Ramadan. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan 10 hari Terakhir Puasa Ramadan "

Posting Komentar