Sinopsis Novel Salah Pilih Karya Nur Sutan Iskandar


Sinopsis Novel Salah Pilih Karya Nur Sutan Iskandar - Selamat malam, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sinopsis novel Salah Pilih karya Nur Sutan Iskandar.

Di sebuah daerah bernama Sungai Batang, Asnah tinggal bersama ibu Mariati, di sebuah rumah Gedang. Asnah merupakan anak yang cantik dan baik hati sehingga tak heran apabila ia disenangi oleh semua orang, baik ibu Mariati maupun para tetangga yang seringkali datang ke rumah gedang tersebut. Di sana ia diperlakukan selayaknya anak kandungnya sendiri oleh ibu Mariati. Meskipun Asnah adalah anak angkat ibu Mariati, namun ia sangat sayang kepada Asnah. Begitu pula Asnah yang juga sangat menyayangi ibu Mariati. Asnah sangat berbakti kepada ibu Mariati. Ia senantiasa ada saat sembuh maupun saat sakit. Asnah merupakan pelipur lara bagi ibu Mariati.

Selain Asnah, ibu Mariati mempunyai seorang anak yang bernama Asri. Asri adalah seorang pemuda yang tampan, pintar, dan juga ramah. Tak heran apabila semua warga juga sangat menghormati dan menyukainya. Sama halnya dengan ibu Mariati, Asri juga sangat menyayangi Asnah. Asnah selalu menjadi obat di kala ia sakit, dan hanya Asnahlah yang sangat mengerti akan perasaan Asri.

Di rumah gedang tersebut juga tinggal siti Maliah seorang pembantu yang sudah lama berada dalam rumah itu dan telah dianggap sebagai saudara sendiri oleh ibu Mariati. Siti Maliah pun juga sangat menyayangi Asnah karena sikap dan perilaku Asnah yang baik.

Sebenarnya sudah sejak lama Asnah memendam perasaannya terhadap Asri. Kini Asri tengah berada di Jakarta untuk melanjutkan sekolahnya. Namun perasaan Asnah tidak pernah berubah terhadap Asri. Ia tetap mencintai Ari dengan segenap jiwanya. Namun, Asnah sadar bahwa perasaannya tersebut tidak pantas ia ungkapkan pada kakaknya tersebut. Meski hanya sekadar adik angkat, namun adat menentang sebuah percintaan antara sesama suku. Begitulah adat yang berlaku di daerah tersebut.

Ketika suatu hari Asri pulang ke rumahnya, keadaan ibu Mariati lama-kelamaan membaik dan berangsur sembuh. Ibu Mariati sangat senang akan kedatangan Asri dan meminta kepada anaknya tersebut untuk tidak kembali ke Jakarta dan mencari pekerjaan di daerahnya saja, lantaran keadaan bu Mariati yang seringkali jatuh sakit karena usia yang tua. Dengan berat hati akhirnya Asri menuruti kemauan ibunya untuk tinggal di rumah gedang tersebut. Asnah tahu bahwa Asri sebenarnya sangat sedih karena tidak bisa melanjutkan sekolahnya. Namun, berkat sikap Asnah, akhirnya Asri pun dapat menerima semua itu karena nasihat-nasihat yang diberikan oleh adiknya tersebut. Asnah mencoba memendam semua perasaannya saat bertemu dengan Asri. Dia tak ngin Asri tahu akan perasaannya yang demikian tersebut.

Asnah sangat gembira saat mengetahui Asri akan tinggal di rumah tersebut. Namun, ada satu hal yang membuat ia kecewa, yakni ibu Mariati menyuruh Asri untuk segera menikah. Asri pun menuruti kembali apa yang ibunya inginkan. Ia pun mulai mencari gadis yang tepat yang kelak akan menjadi istrinya. Lalu dipilih-pilihlah wanita di negerinya yang belum menikah. Akhirnya Asri menemukan seorang gadis yang dianggap cocok untuk menjadi pendampingnya kelak. Gadis itu adalah Saniah. Keinginannya melamar saniah bukanlah tanpa alasan. Asri lebih dahulu tertarik kepada kakak Saniah, yaitu Rusiah. Rusiah adalah seorang perempuan yang baik hatinya, dan lembut perangainya. Namun ketika Asri bersekolah di Bukittinggi, ternyata Rusiah dikawinkan dengan seorang laki-laki bernama Sutan Sinaro. Jadi Asri memutuskan untuk meminang Saniah karena dirasa bahwa Saniah pun tak akan jauh beda dengan kakaknya, baik rupa ataupun perangainya.

Sampai suatu saat Asri bersama-sama ibunya memutuskan untuk bertamu ke rumah keluarga Saniah. Keluarga itu adalah keluarga orang terpandang, keluarga seorang bangsawan kaya dan terpelajar. Walaupun ibu gadis tersebut memiliki perilaku yang kaku dan cenderung angkuh, namun Asri yakin bahwa Saniah tentunya berperilaku lain dengan ibunya.

Tak berapa lama, Asri memutuskan memilih Saniah sebagai calon istrinya. Mereka berdua melaksanakan acara pertunangan terlebih dahulu. Saat pertunangan, Saniah benar-benar menampakkan perilakunya yang sangat baik, ia pun hormat terhadap seluruh keluarga Asri. Perilaku demikian itu membuat Asri semakin yakin dengan pilihannya itu. Tak lama, dilangsungkanlah upacara perkawinan Asri dengan Saniah yang sangat meriah.

Setelah menikah, mereka berdua lalu pindah ke Rumah Gedang milik keluarga Asri. Dari situlah diketahui bahwa perilaku Saniah tidaklah seelok yang dia perlihatkan saat sebelum menikah. Saniah begitu memandang rendah Asnah, hanya karena Asnah adalah anak angkat. Ia merasa bahwa tidak sepatutnya Asnah disejajarkan dengan dirinya yang berasal dari kaum bangsawan. Ternyata, perilaku Saniah begitu angkuh, berbeda dengan yang dia perlihatkan sebelum menikah dahulu. Saniah begitu sering menyindir, bersikap bengis, bahkan mencaci maki yang begitu menyakitkan hati Asnah. Bahkan terhadap mertuanya pun Saniah bersikap tidak sopan. Namun Asnah adalah seorang gadis tegar dan sabar yang mempunyai hati lapang, dia tidak pernah membalas perlakuan buruk dari iparnya itu.

Kemudian sifat buruk Saniah semakin menjadi. Bahkan sekarang dia berani melawan suaminya, kerap kali ia juga berkata-kata kasar terhadap suaminya. Sehingga dapat dilihat kalau sifat Saniah tak jauh beda dengan ibunya, Rangkayo Saleah. Suatu hari Saniah pulang ke rumah orang tuanya. Saat itu Sidi Sutan, pembantunya, datang menjemput. Semula bermaksud menjemput Saniah dan Asri, namun karena pertengkaran itu, jadilah Saniah pulang sendiri tanpa didampingi oleh suaminya.

Rangkayo Saleah mendapat kabar bahwa anak laki-lakinya, Kaharuddin akan menikah dengan seorang perempuan, anak seorang saudagar batik di kota Padang. Ia pun sangat  marah. Karena menganggap gadis tersebut tidak sesuai dengan pilihannya. Sementara Dt. Indomo ayah Kaharuddin, dan juga ayah Saniah, merasa tidak setuju dengan pendapat istrinya itu. Ia menganggap bahwa kebahagian anaknya adalah yang utama. 

Namun Rangkayo Saleah tetap teguh pada pendiriannya untuk tidak menyetujui pernikahan Kaharuddin. Akhirnya ia pun memutuskan untuk pergi ke Padang untuk menentang pernikahan Kaharuddin. Saniah yang berada di rumahnya setelah Sidi Sutan menjemputnya dari rumah Gedang diajaknya pergi ke kota Padang. Di tengah jalan, kendaraan yang mereka tumpangi sempat berhenti. Lalu sejenak Saniah memandang negeri yang ia tinggalkan. Entah mengapa, begitu banyak yang ia ingat saat ia memandang Rumah Gedang yang nampak jelas terlihat di kejauhan. Tiba-tiba ia teringat akan suaminya, yang begitu sayang terhadapnya, ia telah durhaka terhadap suaminya, teringat ia akan dosa-dosa yang telah ia perbuat terhadap Asnah.

Setelah lama  memandang, seakan-akan ia akan pergi jauh. Lalu dilanjutkannyalah perjalanan mereka. Rangkayo Saleah menyuruh sang sopir untuk mengebut agar cepat sampai. Sang sopir pun begitu senang ketika Rangkayo Saleah menyuruhnya untuk memacu kendaraannya dengan cepat. Karena baginya inilah saatnya untuk memperlihatkan kelihaiannya dalam mengendalikan mobil, walaupun jalanan berkelok tajam, juga tebingnya yang begitu curam.

Kemudian yang terjadi, sang sopir kehilangan kendalinya, dan mobil yang dikendalikannya itu jatuh terbalik dan masuk ke dalam sungai yang kering airnya. Rangkayo Saleah meninggal di tempat kejadian, sementara Saniah yang masih bernafas segera diselamatkan orang-orang dan dibawa ke rumah sakit. Namun, karena kecelakaan yang dialaminya begitu parah, akhirnya Saniah pun meninggal dunia setelah sempat bertemu dan meminta maaf kepada suaminya.

Begitu banyak lamaran datang kepada Asri setelah istrinya meninggal. Namun, dia tak ingin salah pilih lagi. Ia memutuskan kalaupun ia hendak menikah lagi, ia hanya akan menikah dengan orang yang sudah sangat dikenal oleh dirinya dan dapat menjadi kawan yang selalu ada dalam susah, sedih, senang dan gembira, yaitu Asnah. Ia tak ingin salah pilih lagi karena ia yakin bahwa Asnah lah satu-satunya perempuan terbaik bagi dirinya. Akhirnya ia pun mendatangi rumah Asnah dan mengutarakan niatnya untuk menikah denga Asnah secara diam-diam. Karena mereka tahu bahwa pernikahan mereka pastilah ditentang oleh masyarakat di daerah mereka yang tidak membenarkan adanya suatu pernikahan sesama suku.

Adat tersebut mengatakan bahwa jika ada yang menikah dengan saudara sesuku maka konsekuensinya mereka harus diusir dari daerah tersebut. Asri pun berpikir, daripada ia harus mengikuti adat yang bertentangan dengan hati nuraninya serta harus kehilangan orang yang dicintainya, ia pun memutuskan untuk membawa Asnah pergi meninggalkan Minangkabau. Ia pun rela melepaskan pekerjaannya sebagai seorang Sutan Bendahara. Mereka memutuskan untuk pergi ke Jawa.

Saat berada di Jawa, kehidupan mereka di sana tidak begitu cukup. Mereka pun banyak dijauhi oleh orang-orang sekampung mereka yang kebetulan sama-sama tinggal di Jawa. Namun karena usaha keras dan kesabaran hati mereka, akhirnya Asri mendapatkan pekerjaan yang layak dan yang terpenting Asri mendapatkan kebahagian bersama Asnah.

Beberapa tahun kemudian Asri mendapat surat dari kampung halamannya untuk pulang. Penduduk kampung telah kehilangan sosok cerdas seperti Asri yang dapat memajukan kampung mereka. Akhirnya Asnah dan Asri pun pulang ke kampung halaman. Di sana mereka disambut bagai seorang Raja. Asnah sangat bahagia karena dapat bertemu dengan keluarganya dan tetangganya di rumah Gedang tersebut. Begitu pula dengan Asri yang siap membawa kemajuan untuk kampungnya.

Itulah tadi sinopsis novel Salah Pilih karya Nur Sutan Iskandar. Semoga bisa bermanfaat dan menghibur pembaca semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinopsis Novel Salah Pilih Karya Nur Sutan Iskandar"

Posting Komentar