Sinopsis Novel Tidak Membalas Guna Karya Tulis Sutan Sati


Sinopsis Novel Tidak Membalas Guna Karya Tulis Sutan Sati - Selamat malam, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sinopsis novel Tidak Membalas Guna karya Tulis Sutan Sati yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1991.

Seorang pemuda bernama Nasrun yang sukses menjalani pendidikannya di Padang dan menikah dengan Roslina serta mempunyai dua anak tapi hidupnya tidak seindah di sekolah. Mereka bernasib kurang beruntung karena Nasrun sulit mencari pekerjaan dan Roslina menjadi guru yang berpenghasilan kecil. Nasrun memutuskan untuk bersekolah di Betawi tapi Roslina berat hati jika ditinggal suami tapi keyakinan Nasrun yang kuat membuat Roslina mengizinkannya untuk pergi.

Selama bersekolah Nasrun mengalami kesulitan dalam keuangan dan tempat tinggal. Beruntungnya dia dibantu oleh Usman dan memberinya tempat tinggal sementara, setelah itu Roslina memberinya uang atas hasil kerja kerasnya. Setelah sukses dan bekerja dengan gaji tinggi dia tidak mengabarkan kepada Roslina karena terpengaruh dengan kebiasaan orang di Betawi. Dia tinggal bersama keluarganya Rumsari dan menganggap Rumsari sebagai adiknya. Tapi lama-kelamaan dia mulai tertarik kepada Rumsari walaupun dia sudah menikah. Nasrun berbicara kepada Usman tentang kecintaannya terhadap Rumsari dan Usman langsung protes karena Nasrun sudah menikah dengan Roslina. Tapi, Nasrun keras kepala dan dia tetap ingin menyatakan cintanya kepada Rumsari dan diterima olehnya karena mengira Nasrun belum menikah. Rumsari juga sudah cinta kepada Nasrun dari pertama bertemu.

Roslina semakin khawatir karena Nasrun belum memberi kabar selama 4 bulan. Roslina pergi bersama anak dan ibunya ke Betawi. Tapi dia kaget karena Nasrun menikah lagi dengan Rumsari. Roslina diberi uang yang banyak oleh Nasrun. Roslina langsung menolaknya dan mengatakan bahwa Nasrun adalah orang yang tidak tahu membalas budi. Roslina kembali pulang ke rumahnya bersama anak dan ibunya dan dia tidak ingin menikah lagi karena menganggap semua laki-laki itu tidak tahu membalas budi.

Itulah tadi sinopsis novel Tidak Membalas Guna karya Tulis Sutan Sati. Semoga bisa bermanfaat dan menghibur pembaca semuanya.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinopsis Novel Tidak Membalas Guna Karya Tulis Sutan Sati"

Posting Komentar