Sinopsis Novel Keberangkatan Karya Nh. Dini


Sinopsis Novel Keberangkatan Karya Nh. Dini - Selamat sore, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sinopsis novel Keberangkatan karya Nh. Dini yang diterbitkan pertama kali oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 1977.

Elisabeth Frissart merupakan gadis indo keturunan Belanda yang jatuh cinta kepada tanah air dan bangsa Indonesia. Dia memiliki keluarga yang tidak begitu harmonis dengan segudang misteri di baliknya. Dia memilki saudara laki-laki yang bernama Tio dan saudara perempuan yang bernama Silvi. Ibunya tidak menyayangi anak-anaknya dan sangat gila harta. Barang Elisa pun sering ingin dimilikinya sehingga hubungan keduanya pun tidak dekat. Elisa sudah bekerja sebagai pramugari di GIA. 

Meski berdarah campuran yang tinggal di Indonesia, Elisa sangat menyukai dan mencintai Indonesia. Ketika keluarganya memutuskan untuk kembali ke Belanda, karena kesulitan ekonomi dan sentimentalisme lingkungannya, Elisa tetap memutuskan untuk hidup sendiri di Indonesia.

Suatu ketika, dia berkenalan dan kemudian jatuh cinta kepada seorang pemuda lokal bernama Sukoharjito, seorang pegawai protokol di istana dan juga saudara sepupu Lansih, sahabat karibnya. Setelah setahun merajut kasih, tak ada tanda-tanda dari Sukoharjito untuk menikahinya, walau Sukoharjito sudah mengenalkannya pada keluarga besarnya di Solo. Namun Elisa masih diliputi tanda tanya yang besar.

Tiba-tiba Elisa mendapat kabar mengejutkan bahwa Sukoharjito akan menikah dengan keponakan ajudan presiden. Betapa terkejut dan terpukulnya Elisa. Selama ini dia memberikan segenap hatinya untuk pria tersebut tapi lantas pria tersebut malah meninggalkannya dan itu membuat hatinya sangat hancur.

Belakangan diketahui bahwa ternyata pernikahan itu dikarenakan si wanita yang sudah hamil duluan. Betapa terkejutnya Elisa dan sahabat-sahabatnya mendengar hal itu. Lansih mengatakan betapa beruntungnya Elisa tidak sampai kebablasan seperti wanita itu, sejauh-jauhnya Elisa hanya dicium. Elisa sendiri memang tidak mengikuti gaya pergaulan gadis Indo yang pergaulannya lebih bebas. Elisa memegang teguh adat Indonesia yang hanya akan menyerahkan kegadisan setelah menikah. 

Selain masalah percintaan, Elisa juga dihantui masalah siapa ayah kandungnya. Sebab berdasarkan cerita yang dia dapat, ibunya adalah seorang petualang cinta, meski sudah menikah. Rangkaian cerita menuntunnya menemukan Talib, pelukis yang dulu diangkat oleh ayahnya, Fred Frissart, dan ternyata jatuh cinta pada ibunya. Talib muda sangat menyayangi Elisa dan turut mengasuhnya selama di Surabaya sebelum keluarga Frissart pindah ke Jakarta. Itulah mengapa Elisa sempat mengira Talib adalah ayahnya.

Setelah terpuruk karena patah hati, Elisa sempat kehilangan gairah hidupnya. Hingga suatu hari ia berkenalan dengan Gail, seorang wartawan asing yang bertugas di Jakarta. Gail sendiri ternyata menaruh hati pada Elisa. Namun, di kala hendak menjalin kasih, Elisa malah memutuskan untuk kembali ke Belanda, mengikuti keluarganya. Gail sangat sedih tapi tidak berarti dia menjadi patah arang. Sebelum Elisa berangkat, dia menitipkan sebuah karangan bunga berisi uang 100 dolarnya yang tersisa agar Elisa segera mengirim kabar padanya begitu tiba di Belanda.

Itulah tadi sinopsis novel Keberangkatan karya Nh. Dini. Semoga bisa bermanfaat dan menghibur pembaca semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinopsis Novel Keberangkatan Karya Nh. Dini"

Posting Komentar