Sinopsis Novel Maut dan Cinta Karya Mochtar Lubis



Sinopsis Novel Maut dan Cinta Karya Mochtar Lubis - Selamat malam, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sinopsis novel Maut dan Cinta karya Mochtar Lubis yang diterbitkan pertama kali oleh Pustaka Jaya pada tahun 1977.

Novel ini menceritakan tentang Sadeli, seorang anggota dinas rahasia TNI berpangkat Mayor yang menyamar sebagai penjual hasil bumi ke luar negeri untuk mengumpulkan dana, mencari senjata, alat-alat komunikasi, dan membuka hubungan udara bagi perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari Belanda.

Di Singaprura, Sadeli berhasil mengumpulkan obat-obatan dan alat-alat komunikasi. Tapi hal tersebut diketahui oleh dinas rahasia Inggris yang berkuasa di Singapura. Di Singapura dia dibantu Alinurdin, seorang wartawan yang juga memperkenalkan perjuangan rakyat Indonesia dan berhasil mendapatkan simpati orang-orang di luar dan dalam negeri.

Sadeli menemui bawahannya, Umar Yunus yang lupa daratan karena terjebak oleh Mr. Yo yang menyodorkan wanita cantik, Ritalu. Sadeli mengemukakan tentang tugasnya bahwa dia menyamar sebagai pedagang untuk membantu perjuangan RI. Diperintahkannya supaya Umar Yunus mengirim senjata, obat-obatan, dan alat-alat komunikasi ke Indonesia. Karena dia harus ke Bangkok untuk mencari seorang penerbang Amerika yang berpengalaman, untuk membuka jalur penerbangan luar negeri ke Indonesia. 

Tetapi itu bukan hal mudah. Sadeli kesulitan mencari orang yang dicarinya. Namun akhirnya dia berhasil meyakinkan Dave Wayne, seorang pendeta dan penerbang. Sadeli dapat membuktikan bahwa perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah mutlak, bangsa mana pun tidak boleh menindas bangsa lain, walaupun itu bangsanya sendiri.

Sadeli pun menyusun rute penerbangan beserta tiga orang wartawan asing untuk memberitahukan dunia luar tentang revolusi Indonesia. Sementara itu dia menuntut agar Umar Yunus mengembalikan uang negara yang telah disalahgunakan dan berhenti dari dinas intelijen karena dia menyalahgunakan jabatannya. Namun Umar Yunus tetap membangkang.

Sadeli membawa serta Umar Yunus dalam tugasnya mengantarkan senjata dan alat komunikasi ke Riau. Dia memakai speedboat dan bermaksud menghadapkan Umar Yunus ke Pengadilan Militer. Di tengah laut mereka mendapat serangan convert Belanda. Berjatuhan korban dalam speedboat dan mereka terdesak ke pantai.  Peristiwa ini sangat berkesan dan menyadarkan Umar Yunus. Di hadapannya sendiri dia menyaksikan temannya mati tertembak dalam suasana yang sangat kritis. Sadeli  mendengar semua pengakuan Umar Yunus.

Akhirnya Umar Yunus kembali bertugas sebagai anggota dinas rahasia TNI sekalipun pangkatnya diturunkan menjadi letnan. Akibat perjanjian Linggar Jati, keadaan di Indonesia tidak menguntungkan. Hal ini membuat Sadeli bekerja lebih keras di luar negeri. Sadeli mendapat perintah untuk membeli Catarina, pesawat terbang yang dapat mendarat di permukaan air. Maka dari itu ia pergi ke Hongkong demi perintah tersebut. Dalam bertugas, ia bertemu dengan Maria, seorang gadis cantik. Mereka pun sama-sama jatuh cinta. Setelah selesai mengurus pembelian Catarina, Sadeli kembali ke Singapura dan menikah dengan Maria.

Sedangkan di tanah air, terdapat berita tidak mengenakkan. Kota Yogyakarta diduduki Belanda dan pemerintahan RI pindah ke Bukittinggi. Sadeli yang mendengar itu lalu berusaha untuk membela tanah airnya di luar negeri. Didampingi oleh Maria yang juga ikut berusaha keras membantunya.

Itulah tadi sinopsis novel Maut dan Cinta karya Mochtar Lubis. Semoga bisa bermanfaat dan menghibur pembaca semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinopsis Novel Maut dan Cinta Karya Mochtar Lubis"

Posting Komentar