Sinopsis Novel La Barka Karya Nh. Dini



Sinopsis Novel La Barka Karya Nh. Dini - Selamat malam, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sinopsis novel La Barka karya Nh. Dini yang diterbitkan pertama kali oleh Pustaka Jaya pada tahun 1975.

Novel ini mengisahkan tentang seorang wanita Indonesia bernama Rina yang menikah dengan seorang pria dari Perancis bernama Bonin. Pernikahan kedua orang yang berbeda negara itu berada di tepi jurang perceraian. Dari hasil pernikahan mereka, mereka memiliki seorang anak perempuan yang cantik. 

Seorang wartawan perang berhasil menawan hatinya Rina, tapi karena adanya perang Vietnam, janji untuk menikahinya tak kunjung terlaksana. Wanita tersebut memutuskan berlibur ke rumah Monique di desa Trans sambil menunggu hasil dari proses perceraian mereka. Selama proses perceraian itu berlangsung, suami Rina masih sering mengirimkan uang kepada Rina untuk biaya hidupnya dan untuk membeli segala sesuatu yang berkaitan dengan anak mereka. 

Rina datang ke La Barka atas undangan sahabat baiknya, Monique. La Barka terletak di Perancis Selatan, dekat dengan kota wisata Nice dan Cannes yang terkenal. Tanah seluas tujuh hektar itu dipenuhi dengan pohon-pohon anggur yang telah tua atau tertinggal tidak terpelihara. Di sela-sela rumput ilalang terdapat berbagai daun-daunan bumbu masakan, seperti romarin, maryolin, fenouille, thym dan sebagainya. 

La Barka bentuknya persegi panjang, dindingnya kuning keputihan, diseling abu-abu dari batu-batu dan semen yang pada beberapa tempat kelihatan pula bekas-bekas kerangka binatang laut yang berserakan. Sebelah kanan dan kiri La Barka dikelilingi oleh gundukan bukit yang pemandangannya sangat indah. Di balik bukit juga terdapat pantai yang biasa digunakan para turis untuk berjemur. 

Monique adalah sahabat dari Rina. Seperti apa yang telah dikatakan Monique sebelumnya, Rina akan mendapatkan kamar Monique selama tinggal di La Barka. Kamar itu adalah ruangan tidur terbesar dibandingkan dengan kamar-kamar tidur lainnya. Monique dan Rina bertemu pertama kalinya ketika Rina bekerja sebagai pengasuh anak-anak pada satu keluarga insinyur yang kembali ke Perancis asal Indonesia. Sejak saat itu Rina berhubungan baik dengan Monique. Dan mereka sering bersuratan dengan teratur. 

Beberapa hari yang lalu Jaques, kawan Monique, datang dari Konggo. Dia sudah bercerai dari istrinya, dan berencana tinggal di La Barka untuk beberapa waktu selama musim liburan. Lalu ada juga pendatang baru seorang wanita muda yang ingin merayakan hari ulang tahunnya yang ke dua puluh tahun di La Barka. Namanya Sophie. Badannya tinggi buat ukuran seorang perempuan, sempurna, dengan betis dan kaki yang ramping panjang. Pinggul dan dadanya menggairahkan. Wajahnya tidak istimewa, kecantikannya tidak luar biasa.

Rina merasa dia tidak bisa akrab dengan Sophie karena gaya berpenampilannya terlalu mencolok. Jaques dan Sophie mempunyai rencana sendiri untuk pergi ke pantai hanya sekadar untuk menikmati teriknya matahari dan berjemur. Rina sebenarnya tidak suka dengan terik matahari yang menyengat, tetapi dia ikut dengan Jaques dan Sophie untuk mengajak anaknya bermain. Anak Rina sangat suka dengan pantai dan pasirnya. 

Dalam masa kesepian yang dilewatkan di villa La Barka, Rina digoda oleh seorang pria Don Yuan. Tapi kesadaran akan harga dirinya dapat mengatasi. Kemudian seorang mahasiswa yang lebih muda dapat mengetuk hatinya. Pria itu bernama Robert. Suatu ketika mereka bercumbu mesra tanpa seorang pun yang tahu. Dan Rina tidak dapat menolaknya. Malam itu mereka menjadi sepasang kekasih. 

Tetapi Rina bimbang, dia seperti menyesali perbuatannya pada malam itu. Dan dia ingin menceritakannya kepada Christine. Karena Rina tidak ingin Christine mengetahui hubungannya dengan Robert dari orang lain. Rina bingung bagaimana harus menceritakan semuanya kepada Christine. Tetapi Christine mencoba mengarahkan Rina untuk menceritakan tentang hubungannya bersama Robert. 

Ternyata Christine menyetujui hubungan Rina dengan Robert. Christine pun menjelaskan kepada Rina, bahwa setiap kali melakukan pembicaraan terhadap Robert dan membicarakan Rina, Robert selalu membela Rina. Menurut Christine, Robert lebih baik bergaul intim dengan Rina daripada dengan perempuan lain yang tidak dikenal oleh Christine. 

Tetapi hubungan Rina dengan Robert tidak akan memanjang. Setelah masing-masing dari mereka berpisah, segalanya pun kembali seperti sedia kala. Kini pengertian Christine yang ditujukannya terhadap Rina dapat dipercaya sepenuhnya. Selain dasar sifat yang serba luas dan menerimanya, Christine juga pernah mempunyai kekasih dengan pemuda yang lebih muda dari umurnya.

Itulah tadi sinopsis novel La Barka karya Nh. Dini. Semoga bisa bermanfaat dan menghibur pembaca semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinopsis Novel La Barka Karya Nh. Dini"

Posting Komentar