Sinopsis Novel Neraka Dunia Karya Nur Sutan Iskandar


Sinopsis Novel Neraka Dunia Karya Nur Sutan Iskandar - Selamat sore, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sinopsis novel Neraka Dunia karya Nur Sutan Iskandar yang diterbitkan pertama kali tahun 1937.

Novel ini bercerita tentang kisah sedih seorang pemuda bernama Ahmad Salam Bin Haji Munir, seorang pengusaha muda yang sukses meneruskan toko `Usaha Kita` milik Ayahnya. Di masa mudanya Ia memiliki kenangan yang kelam. Setiap malam ia pergi keluar untuk mencari kesenangan sesaat. Hal itu sering ia lakukan, hingga ia bertemu dengan Siti Delima, seorang anak komidi bangsawan. Bersamanya ia pergi sampai ke Surabaya. Namun di sana ia ditinggalkan begitu saja oleh Siti Delima. Lalu bertemu dengan Sulastri, kejadian bersama Siti Delima kembali terulang, Sulastri menghilang tanpa jejak.

Dalam pergaulannya, Ahmad Salam bertemu dengan seorang pemuda bernama Aladin.Dengan pemuda inilah ia merasa cocok untuk mencari kesenangan di kota Surabaya tersebut. Tidak mengherankan apabila mereka berdua hafal benar tempat tempat pelacuran di kota ini. Begitulah Ia habiskan malam dengan penuh suka di lorong-lorong hitam tersebut.

Karena seringnya, mereka berdua menderita penyakit raja singa atau sifilis. Aladin yang dirawat di rumah sakit, akhirnya meninggal .Sementara Ahmad Salam, setelah memeriksakan diri ke seorang dukun, dinyatakan sembuh.Setelah dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut, ia kembali ke Jakarta untuk meneruskan usaha ayahnya sebagai pemilik toko meubel.

Suatu malam atas jasa Rusli, Ahmad Salam bertemu dengan Aisah. Karena  kecantikan Aisah, ia sangat terpikat dengan gadis yang membuat hatinya tergoda. Akhirnya ia menikah dengan Aisah dengan penuh cinta dan kebahagiaan, tanpa memberitahukan penyakit yang dideritanya, karena takut Aisah menolaknya.

Buah hati yang diharapkan pun akan segera menemani hidupnya, namun penyakit lama yang ia derita, selalu menghantuinya dan membuat ia takut terjadi sesuatu pada anak dan istrinya tercinta. Semakin tua kandungan Aisah, kondisinya semakin lemah. Anak yang dilahirkannya pun tidak begitu sehat, bayi tersebut bertubuh kecil serta kering.

Belum sebulan hidup di dunia, anak itu kembali mengahadap Sang Pencipta. Sementara Aisah hilang kesadaran dan membuatnya hampir gila. Aisah benci pada Ahmad Salam yang telah membohonginya dan membuat hidupnya sengsara.

Melihat keadaan demikian banyak yang prihatin. Atas kesabaran kerabatnya serta perawatan dokter yang rutin, akhirnya Aisah sembuh dari penyakitnya. Begitu pula Ahmad Salam akhirnya sembuh pula dari penyakitnya. Setelah itu, mereka memulai lagi kehidupan rumah tangga dan hidup berbahagia.

Itulah tadi sinopsis novel Neraka Dunia karya Nur Sutan Iskandar. Semoga bisa bermanfaat dan menghibur pembaca semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinopsis Novel Neraka Dunia Karya Nur Sutan Iskandar"

Posting Komentar