Sinopsis Novel Robert Anak Surapati Karya Abdoel Moeis


Sinopsis Novel Robert Anak Surapati Karya Abdoel Moeis - Selamat malam, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sinopsis novel Robert Anak Surapati karya Abdoel Moeis yang diterbitkan pertama kali oleh Balai Pustaka pada tahun 1953.

Seorang pemuda diketahui sebagai anak angkat seorang saudagar kaya dari Belanda. Kenyataan pahit ini diketahui setelah ayahnya, yang dia anggap sebagai ayah sebenarnya selama ini, meninggal dunia. Ayahnya menyerahkan surat wasiat dari ibu kandungnya, Suzane, sesaat sebelum meninggal kepada ayah angkatnya tersebut. Anak tersebut bernama Robert.

Robert adalah seorang anak yang terlahir dari hasil percintaan secara diam-diam seorang ibu keturunan Belanda dengan seorang ayah keturunan Jawa. Ibu Robert meninggal di atas kapal Dolfijn dalam perjalanan pulang ke negeri Belanda, kemudian Robert diasuh dan dijadikan anak angkat Tuan van Reijn, seorang saudagar kaya keturunan Belanda.

Robert mengetahui bahwa dirinya bukanlah anak kandung dari Tuan van Reijn dari surat ayah angkatnya yang ditulis  sebelum meninggal dunia. Robert pun akhirnya meninggalkan rumah berpetualang dan akhirnya menjadi serdadu yang siap menjajah.

Dalam surat yang dititipkan ibunya kepada tuan van Reijn dinyatakan bahwa ayah Robert adalah keturunan Jawa. Dalam petualangannya, Robert menjadi serdadu Belanda yang ditugaskan menjadi mata-mata Belanda untuk sebuah penyerangan ke daerah Pasuruan untuk mengetahui kekuatan Surapati. Dalam tugas itu Robert ditangkap dan dipenjarakan. Melalui bekal yang diberi ibunya Robert, diketahui Surapati ternyata Robert adalah anak kandungnya.

Selama dalam tahanan, Robert dilayani dengan ramah dan ditempatkan di ruang yang mewah, tidak seperti tahanan yang lain. Surapati mengambil beberapa upaya untuk meyakinkan Robert bahwa dirinya adalah anak kandungnya, namun Robert sangat tidak menerima hal ini.

Surapati akhirnya mati setelah penyerangan Belanda, kemudian Robert pun dilepaskan dan diantarkan ke perbatasan oleh saudaranya atas wasiat ayahnya Surapati. Robert yang merasa belum mendapat kehormatan, ia ingin ikut berperang.

Digna sangat berat melepas Robert, ia tak mau kehilangan orang yang ia sayang. Setelah lama, Digna mendengar kabar bahwa Robert gugur dalam medan perang. Robert terkenal karena perjuangannya. Dan akhirnya Robert pun gugur sebagai pahlawan.

Itulah tadi sinopsis novel Robert Anak Surapati karya Abdoel Moeis. Semoga bisa bermanfaat dan menghibur pembaca semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinopsis Novel Robert Anak Surapati Karya Abdoel Moeis"

Posting Komentar