Sinopsis Novel Tak Putus Dirundung Malang Karya Sutan Takdir Alisjahbana



Sinopsis Novel Tak Putus Dirundung Malang Karya Sutan Takdir Alisjahbana - Selamat malam, selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sinopsis novel Tak Putus Dirundung Malang karya Sutan Takdir Alisjahbana.

Novel ini mengisahkan kehidupan dua bersaudara, Mansur dan Laminah, kakak-adik, anak dari Madang. Mereka sejak kecil ditinggal ibunya. Lalu ayahnya meninggal saat sang kakak kira-kira berumur 8-9 tahunan. Sang adik masih kecil.

Sejak kepergian ayah, mereka tinggal dengan Tante. Di situ mereka hidup tidak tenang. Mansur dipaksa bekerja keras, menggembala di padang, dan mencari kayu bakar. Sedangkan adik, Laminah, dipaksa menjaga sepupunya yang masih kecil.

Sewaktu masih ada ayah, mereka hidup bahagia. Ayah sering memungut durian atau mencari ikan di sungai. Mereka menunggu di rumah. Mereka juga ikut ayah menjual durian ke ujung sungai. Pergi dengan rakit yang bergerak dengan arus sungai.

Mereka juga sering berkunjung ke rumah Tante yang berdekatan. Waktu itu Tante dan suaminya sayang sama mereka. Mereka dimanja. Namun, ketika ayah tidak ada, sikap suami Tante berubah. Dia menjadi bengis dan kadang-kadang tidak menaruh iba pada anak yatim piatu itu.

Laminah yang jadi korban, dipukul karena membuat anaknya luka. Padahal anaknya menginjak pisau saat bermain dengan Laminah. Apa boleh buat, sang kakak makin besar dan tangguh.

Mereka berlindung di rumah sepasang kakek-nenek yang amat sayang pada mereka sebelum berangkat ke Bengkulu untuk mencari pekerjaan.

Hari-hari dilalui dengan penuh kegigihan dan perjuangan sang kakak beradik. Mereka selalu dirundung duka. Banyak cobaan hidup yang mereka alami. Sampai akhirnya sang adik bunuh diri dengan cara mencebur ke laut karena stres sang kakak dipenjarakan.

Kemudian sang kakak kecewa karena harus hidup sendiri. Baginya tidak ada arti kalau sang adik telah tiada. Dia pergi dengan kapal lalu mencebur ke laut. Kru penyelamat kapal berusaha menolongnya namun gagal.

Itulah tadi sinopsis novel Tak Putus Dirundung Malang karya Sutan Takdir Alisjahbana. Semoga bisa bermanfaat dan menghibur bagi pembaca semuanya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinopsis Novel Tak Putus Dirundung Malang Karya Sutan Takdir Alisjahbana"

Posting Komentar